Dark/Light Mode

Dubes Muhammad Hassan Rayakan Pakistan Day Di Hari Pertama Ramadan

Jumat, 24 Maret 2023 22:25 WIB
Dubes Muhammad Hassan (tengah) bersama para undangan peringatan Pakistan Day di Kedutaan Besar Pakistan, Jakarta, Kamis (23/3). (Foto Kedubes Pakistan)
Dubes Muhammad Hassan (tengah) bersama para undangan peringatan Pakistan Day di Kedutaan Besar Pakistan, Jakarta, Kamis (23/3). (Foto Kedubes Pakistan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Pakistan untuk Indonesia Muhammad Hassan memperingati Pakistan Day dengan menggelar upacara bendera di Kedutaan Besar (Kedubes) Pakistan di Jakarta, Kamis (23/3). Bertepatan dengan hari pertama Ramadan, acara ini tetap berlangsung khidmat dan penuh keakraban.

Pakistan Day diperingati untuk merayakan disahkannya Konstitusi pertama Pakistan selama transisi Dominion Pakistan ke Republik Islam Pakistan pada 23 Maret 1956. Dengan demikian menjadikan Pakistan republik Islam pertama di dunia.

Hari itu juga diperingati untuk merayakan disahkannya Resolusi Lahore oleh Liga Muslim di Minar-e-Pakistan, yang menyerukan pembentukan negara berdaulat merdeka yang berasal dari provinsi-provinsi dengan mayoritas Muslim yang terletak di Barat Laut dan East of British India pada 23 Maret 1940.

Upacara menaikkan bendera diikuti staf Kedubes dan keluarga serta para warga Pakistan yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Usai upacara bendera, seluruh peserta bergerak ke ruang utama Kedubes Pakistan. Di sana sudah disusun bangku yang menghadap sebuah podium.

Baca juga : BRI Sesuaikan Jadwal Jam Layanan Selama Ramadhan

Di podium itu, Dubes Hassan berdiri, berpidato menyampaikan pesan Presiden Pakistan Arif Alvi dan Perdana Menteri Shehbaz Sharif.

“Penghormatan setinggi-tingginya kepada personel Angkatan Bersenjata Pakistan yang terus menjaga keamanan tanah air,” ujar Dubes Hassan mengawali.

Dia juga menyampaikan tekad Pemerintah dan rakyat untuk menjadikan Pakistan secara ekonomi lebih kuat dan sejahtera serta terus menjadikan masyarakatnya manusiawi, inklusif, dan toleran. Dia juga menegaskan kembali janji untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi, supremasi hukum, dan cara hidup Islami di Pakistan seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

Dubes Pakistan untuk Indonesia merangkap Timor Leste dan ASEAN itu juga menyatakan dukungan negaranya yang tak tergoyahkan untuk Kashmir serta Palestina.

Baca juga : Zulhas: Harga Pangan Stabil Di Awal Ramadan

“Hal yang sangat disayangkan, pada 1947 Pakistan merdeka sementara Kashmir dan Palestina dijajah,” katanya.

Di akhir sambutannya, Dubes Hassan menyinggung hubungan bilateral antara Pakistan dan Indonesia yang semakin berkembang.

“Pemerintah Pakistan berterima kasih pada Pemerintah In￾donesia yang terus memberikan kesempatan kerja sama di berbagai sektor. Semoga ini bisa terus dikembangkan,” harapnya.

Perayaan Pakistan Day tahun ini berbeda dari yang sebelumnya. Karena bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadan, jadi, tradisi para tamu yang membawa makanan khas Pakistan untuk dimakan bersama, ditiadakan.

Baca juga : Arema FC Siapkan 2 Opsi Latihan Selama Ramadhan

Namun, kehangatan perayaan Pakistan Day tidak berkurang. Hari tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi masyarakat Pakistan di Tanah Air. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.