Dark/Light Mode

Wakil Ketua DPR Pimpin Delegasi Hadiri 40th General Assembly AIPA di Bangkok

Senin, 26 Agustus 2019 16:15 WIB
(Foto KBRI Bangkok)
(Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka -  Delegasi Parlemen Indonesia dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon menghadiri Pertemuan 40th General Assembly of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Bangkok pada 25-30 Agustus 2019. Pertemuan tersebut  akan membahas dan mengesahkan berbagai rancangan resolusi di bidang politik, ekonomi, sosial di kawasan, serta membahas masalah keorganisasian di AIPA.

Dalam keterangannya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand menyebutkan, selain delegasi AIPA dari 10 negara anggota ASEAN, pertemuan ini juga dihadiri observer parliaments dari negara bukan anggota ASEAN. Yaitu: Australia, Kanada, Belarus, China, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Papua Nugini, Rusia, Timor Leste, dan Parlemen Eropa.

Baca juga : Dihadiri 7 Dubes, RI Pimpin Peringatan Hari Asean Ke-52

"Rangkaian Sidang AIPA juga akan membahas isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan kawasan ASEAN," bunyi pernyataan itu.  Secara khusus ada sesinya: Women Parliamentarian of AIPA (WAIPA).

Selain agenda pembahasan kerja sama dalam ruang lingkup kawasan, negara anggota AIPA juga melakukan dialog dengan negara mitra dan observer dengan tema “Partnership for Good Regulatory Practices”. dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama di tingkat parlemen.

Baca juga : Entaskan Kemiskinan, Kementan Hadirkan Program Bekerja di Probolinggo

Tema 40th AIPA kali ini adalah “Advancing Parliamentary Partnership for Sustainable Community”. Melalui tema ini diharapkan Parlemen ASEAN dapat meningkatkan kemitraan dan semangat bersama untuk menyelesaikan berbagai isu di kawasan.

Selain agenda persidangan, Ketua Delegasi Indonesia bersama dengan Ketua dan Sekjen AIPA juga berkesempatan bertemu dengan Ketua Parlemen Thailand Chuan Leekpai dan Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi.  Acara itu juga diikuti  unsur Badan Kesekretariatan DPR serta Kementerian Luar Negeri. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :