Dark/Light Mode

Peringatan Wakil Ketua MPR

Penegak Hukum Adil, Pemilu Damai

Senin, 25 Maret 2019 22:09 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (Foto: Humas)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (Foto: Humas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid amat yakin, Pemilu 2019 ini akan berlangsung aman dan tertib. Sebab, masyarakat sudah semakin dewasa dalam berpolitik. 

Atas hal ini, dia meminta ke semua pihak tidak menciptakan ketakutan bahwa dalam Pemilu 2019 akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mantan Presiden PKS ini pun menegaskan, Pemilu adalah peristiwa rutin terjadi setiap lima tahun dan merupakan hal yang biasa. 

Baca juga : Pesta Politik Asia Ramai Pemilih Muda

Ada pun untuk menciptakan Pemilu yang aman dan tertib, dia meminta para calon yang bertarung tetap menggunakan cara-cara yang baik. "Kita harus berkontestasi dengan cara yang baik,” katanya, dalam Diskusi Empat Pilar dengan tema ‘Konsolidasi Nasional Untuk Pemilu Damai’, di Ruang Wartawan, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (25/3).

Politisi yang akrab disapa HNW ini menuturkan, Indonesia punya rujukan kuat dalam pelaksanaan Pemilu. Yaitu Pancasila dan UUD 1945. Jika rujukan ini dipegang dengan baik, dijamin, Pemilu akan berlangsung tertib. 

Baca juga : Rommy Bilang Rutan KPK Pengap, KPK Bilang Sudah Penuhi Standar

Dia pun mendorong masyarakat turut aktif menciptakan Pemilu tertib. Masyarakat tak boleh hanya mengandalkan para calon dalam menciptakan ketertiban dalam Pemilu. Masyarakat perlu turun tangan langsung. 

HNW lalu berbicara peran media. Wakil Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor ini berharap, media tidak menjadi tim sukses salah satu peserta Pemilu. Sebab, bila menjadi tim sukses, dikhawatirkan pemberitaan di media tidak berimbang. Hal-hal yang diberitakan tidak sesuai lagi dengan fakta yang ada di lapangan.

Baca juga : Jamaah Sebut Imam Masjid Linwood Penyelamat

Terakhir, dia bicara mengenai peran penegak hukum. Dia berharap, aparat penegak hukum bisa bersifat adil dalam menindak kasus-kasus yang terjadi dalam Pemilu ini. Dengan begitu, Pemilu akan benar-benar berjalan damai. 

“Bila Pemilu luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), maka kedamaian akan tercipta”, tuturnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.