Dark/Light Mode

Trump Serahkan Diri, New York Siaga Penuh

Selasa, 4 April 2023 05:58 WIB
Petugas sibuk memasang barikade di luar Pengadilan Pidana Manhattan, menjelang persidangan mantan Presiden AS Donald Trump, di New York City, Amerika Serikat, 2 April 2023. (Foto Reuters/Andrew Kelly)
Petugas sibuk memasang barikade di luar Pengadilan Pidana Manhattan, menjelang persidangan mantan Presiden AS Donald Trump, di New York City, Amerika Serikat, 2 April 2023. (Foto Reuters/Andrew Kelly)

 Sebelumnya 
Tapi kini, para pendukungnya mulai hati-hati. Apalagi, Trump khawatir jika mereka akan ditangkap. Anggota DPR dari Partai Republik, Marjorie Taylor Greene mengatakan, kelompoknya merencanakan protes di sebuah taman di seberang jalan gedung pengadilan.

Sebuah demonstrasi yang menurut Greene, sebagai bentuk kesetiaan mereka terhadap Trump. Dia memastikan, menentang aksi menghasut dan melakukan kekerasan.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Hadiah Sepeda Motor ke Wartawan

“Melakukan protes adalah hak konstitusional,” kata Greene di Twitter.

Trump mulai diadili pada Selasa waktu setempat. Persidangan itu terkait pembayaran uang tutup mulut terhadap bintang film porno, Stormy Daniels. Uang suap iti diberikan pada 2016 menjelang pilpres, agar Daniels tidak cuap-cuap terkait hubungannya dengan Trump.

Baca juga : Jokowi dan Maruf Serahkan Zakat Lewat Baznas

Presiden AS ke 45 itu, telah berulang kali membantah tuduhan perselingkuhan dengan Daniels. Dia menuding tuduhan terhadapnya bermotif politik.

Tak cuma kesiagaan aparat keamanan. Pihak pengadilan juga bersiap. Bahkan, mereka menutup sejumlah ruang sidang sebelum kehadiran Trump.

Baca juga : Alumni IPMI Disarankan Pakai TikTok Sebagai Alat Pemasaran

Jika sesuai jadwal, Trump terbang dari Florida ke New York, semalam. Dia bermalam di Trump Tower. “Keesokan harinya tiba di gedung pengadilan,” kata seorang penasihat Trump.

Trump merupakan mantan presiden pertama di sepanjang sejarah AS, yang harus menghadapi sidang pidana. Persidangannya dipastikan akan menarik perhatian banyak pihak, baik media, maupun masyarakat yang anti dan pendukungnya. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.