Dark/Light Mode

Menteri ESDM Hadiri Pertemuan Negara G7 Di Sapporo, Jepang

Sabtu, 15 April 2023 10:40 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kedua kanan), asyik ngobrol dengan tuan rumah dan delegasi lainnya di acara Welcome Dinner Menteri anggota G7 di Hotel Keio Plaza Hotel, Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Dok. G7)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kedua kanan), asyik ngobrol dengan tuan rumah dan delegasi lainnya di acara Welcome Dinner Menteri anggota G7 di Hotel Keio Plaza Hotel, Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Dok. G7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengikuti sejumlah kegiatan rangkaian acara G7 Ministers Meeting on Climate, Energy and Environment di Sapporo, ibu kota Hokkaido, Jepang.

Indonesia tidak termasuk dalam G7, namun diundang sebagai guest countries terkait posisinya di Keketuaan ASEAN.

G7 beranggotakan Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Kanada dan Jepang.

Sebelum terbang ke Sapporo, Menteri Arifin Tasrif juga memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan kerja sama dan bisnis dengan perusahaan Jepang di Tokyo.

Baca juga : UMKM Minta Pemungutan Pajak Di E-commerce Harus Matang

Berikut laporan tim Rakyat Merdeka Ratna Susilowati dan Kartika Sari, yang meliput rangkaian kegiatan yang diikuti Menteri Arifin dan delegasi sepanjang Jumat (14/4):

 

Saksikan Kerja Sama Energi: Menteri ESDM RI Arifin Tasrif (kiri) dan Menteri Energi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi (kanan), foto bersama dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kedua kiri) dan Executive Director, Member of the Board, Stockpile Unit Japan Organization for Metals and Energy Security (JOGMEC) Shuichi Ishida usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Injeksi CO2. (Foto: Dok.G7)

 

Pertemuan yang membahas kerja sama injeksi CO2 ini, bertujuan untuk peningkatan produksi minyak, sekaligus pengurangan emisi karbon di Sukowati, Bojonegoro, Jawa Timur yang dikelola Pertamina.

Baca juga : Menteri Hadi Inisiasi Penyelesaian Sengketa Tanah Suku Anak Dalam Di Musi Rawas

 

Foto Bareng: Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kelima kanan), foto bersama di sela-sela G7 Ministers’ Meeting on Climate, Energy and Environment yang berlangsung pada 15-16 April di Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Humas ESDM)

 

Welcome Dinner: Menteri ESDM Arifin Tasrif disambut hangat oleh tuan rumah saat menghadiri welcome dinner menteri-menteri energi negara G7 di Hotel Keio Plaza Hotel, Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Dok. G7)

 

Pertemuan Kerja Sama dan Bisnis: Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah), didampingi (dari kiri) Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto, Duta Besar Indonesia untuk Jelang Heri Akhmadi dan Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro, mengikuti pertemuan dengan Managing Director dan Chairman Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Tadashi Maeda dan timnya di Kantor Pusat JBIC Tokyo, Jepang, Jumat (14/4). (Foto: Dok.G7)

 

Salam Hangat: Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) bersalaman dengan Menteri Energi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi di sela-sela rangkaian acara pertemuan para menteri anggota G7 di Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Dok. G7)

Baca juga : Cegah Macet Horor Terulang

 

Sake & Wine: Tak lupa, tuan rumah menyajikan aneka minuman khas Jepang, sake dan wine lokal untuk menjamu para tamu. Para tamu tampak sangat menikmati sajian minuman yang bisa menghangatkan tubuh, mengingat suhu udara di Sapporo sangat dingin.  (Foto: Dok. G7)

 

Welcome Speech: Menteri Energi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Nishimura Yasutoshi memberikan welcome speech saat menyambut para tamu di acara Welcome Dinner di Keio Plaza Hotel, Sapporo, Hokkaido, Jepang. (Foto: Dok. G7)

 

Yummy Menu: Sejumlah makanan yang mengundang selera, memanjakan lidah, disajikan dalam makan malam menteri-menteri di Keio Plaza Hotel, Sapporo. Salah seru menu yang disajikan adalah sashimi salmon dan tuna segar. (Foto: Dok. G7) ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.