Dark/Light Mode

Pidato Lengkap Kanselir Jerman Olaf Scholz Di Hannover Messe 2023

Kamis, 20 April 2023 12:25 WIB
Pidato Lengkap Kanselir Jerman Olaf Scholz Di Hannover Messe 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Jerman kembali menggelar Hannover Messe pada 17-21 April 2023. Pameran industri internasional yang telah berlangsung sejak 1947 mempunyai beragam kegiatan. Mulai dari seminar hingga business summit untuk merealisasikan rencana-rencana kerja sama antara para pelaku usaha, pelaku industri, investor dan asosiasi.

Pameran yang diadakan tiap musim semi di Pusat Pameran Hannover, Hannover, Niedersachsen, Jerman, dibuka Kanselir Jerman Olaf Scholz, 16 April lalu. Ini pidato lengkapnya, dikutip dari website Kedutaan Besar Jerman Jakarta.

Baca juga : Industri Pulp Dan Kertas Pamer Teknologi Green Energy Di Hannover Messe 2023

Ketika saya terbang ke Bali untuk menghadiri KTT G20 pada bulan November tahun lalu, saya membawa buku yang sangat menarik dalam koper saya. “Revolusi” judulnya. Di dalamnya, penulis asal Belgia David van Reybrouck menggambarkan pentingnya arti Indonesia bagi pembentukan dunia modern.

Buku ini dimulai dengan eksperimen pemikiran yang menarik. Coba ingat kembali atlas atau peta dunia dari kelas geografi Anda!

Baca juga : Menperin Tinjau Persiapan Akhir Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan populasi keempat terbanyak di dunia, dan dalam waktu dekat akan menjadi satu dari sepuluh kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Akan tetapi, di atlas sekolah, setidaknya di negara kami di sini, Indonesia selalu berada di pojok, jauh di sebelah kanan bawah. Namun dunia, seperti yang ditulis van Reybrouck, sejatinya tidak mengenal atas dan bawah, tengah dan pinggir.

Baca juga : Kesiapan Indonesia Di Hannover Messe 2023 Sudah 100 Persen

Karena itulah dalam pikirannya Reybrouck mendorong Indonesia ke pusat peta yang Eropa-sentris. Indonesia, jika diukur dalam dimensi Eropa, menempati luas yang terbentang dari Irlandia hingga Kazakhstan.

Dan tiba-tiba menjadi jelas bagi kita semua: kita tidak sedang membicarakan sebuah negara kepulauan yang konon jauh di ujung dunia. Kita membicarakan sebuah negara yang tepat berada di jantung salah satu kawasan terdinamis di dunia, secara strategis terletak di tengah kawasan Indo-Pasifik, antara China, India, Oseania dan Amerika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.