Dark/Light Mode

Pidato Lengkap Kanselir Jerman Olaf Scholz Di Hannover Messe 2023

Kamis, 20 April 2023 12:25 WIB
Pidato Lengkap Kanselir Jerman Olaf Scholz Di Hannover Messe 2023

 Sebelumnya 
Sebagai timbal balik dari G-7, kami akan memobilisasi investasi senilai puluhan miliar dolar dari Pemerintah maupun swasta dalam beberapa tahun ke depan untuk mempercepat transisi Indonesia dari bahan bakar fosil dan meningkatkan energi terbarukan. Saya hanya dapat mengundang Anda semua untuk memanfaatkan peluang yang ada, terutama bagi industri Jerman yang inovatif dan ramah iklim.

Untuk memastikan bahwa ambisi perlindungan iklim dan semangat kepeloporan dalam transformasi ekonomi kita mendapatkan imbalan ketimbang hukuman, kami selaku G-7 telah mendirikan Klub Iklim Internasional. Klub ini menyangkut persaingan yang adil, serta aturan dan standar yang sama.

Saya sangat senang bahwa Indonesia akan bergabung dengan klub iklim yang terbuka dan kooperatif ini dalam hitungan hari. Kerja sama ekonomi antara kedua negara kita telah mendapat dorongan lebih lanjut melalui deklarasi bersama yang kini telah ditandatangani oleh Menteri Ekonomi Habeck dan rekan sejawatnya dari Indonesia.

Baca juga : Industri Pulp Dan Kertas Pamer Teknologi Green Energy Di Hannover Messe 2023

Langkah logis berikutnya, yang menurut saya harus terjadi dan memang harus diikuti, adalah perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan Uni Eropa. Dalam sekejap, hal ini akan memunculkan kawasan ekonomi gabungan berisi lebih dari 700 juta orang.

Indonesia dan Komisi Uni Eropa telah merundingkannya sejak tahun 2016. Komitmen saya adalah memastikan bahwa kita akhirnya dapat menuntun perjanjian hingga titik penyelesaian.

Berdasarkan apa yang baru saja Anda sampaikan di sini, Bapak Presiden, saya sangat yakin bahwa kita akan berhasil bersama. Secara kebetulan, yang berlaku bagi Indonesia juga berlaku bagi perjanjian perdagangan bebas kami dengan Mercosur, Meksiko, Australia, Kenya, dan India.

Baca juga : Menperin Tinjau Persiapan Akhir Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023

Dalam hal ini, dinamika baru juga telah muncul dalam beberapa bulan terakhir. Ini merupakan reaksi terhadap pandemi dan dampaknya; namun juga merupakan tuntutan dari perkembangan geopolitik, baik di Eropa maupun di Asia. Negara-negara di seluruh dunia berupaya mengurangi ketergantungan yang berisiko dan memperluas hubungan dagang mereka.

Dalam hal ini, pandangan kita juga sangat mirip, Bapak Presiden. Pendekatan kita adalah: melepaskan pasar-pasar individu adalah cara yang salah. Yang kita butuhkan adalah pengurangan risiko yang cerdas dan proaktif.

Kebetulan bahwa inilah konsensus dari Konferensi Bisnis Jerman di Asia Pasifik yang saya hadiri di Singapura pada November tahun lalu. Dan hal ini juga selaras dengan kesan yang saya dapatkan dari percakapan saya dengan para pengusaha.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.