Dark/Light Mode

Dubes Rosan Gelar Halal Bihalal Dengan Diaspora Indonesia Di Washington

Minggu, 23 April 2023 10:46 WIB
Halal bihalal Idul Fitri di Wisma Indonesia, Washington DC, Amerika Serikat/Ist
Halal bihalal Idul Fitri di Wisma Indonesia, Washington DC, Amerika Serikat/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani dan Ibu Ayu Rosan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah bersama diaspora Indonesia yang tinggal di AS.

Di AS, Idul Fitri jatuh pada Jumat (21/4) waktu setempat atau Sabtu (22/4) WIB. Perayaan Idul Fitri yang dikemas dalam bentuk halal bihalal digelar di Wisma Indonesia, Washington DC.

"Saya dan keluarga melakukan Shalat Idul Fitri bersama diaspora Indonesia dan masyarakat lokal di IMAAM Center," kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (23/4).

Baca juga : Ekonomi Pencuci Piring Gelar Ngabuburit Bareng di 11 kota di Indonesia

Dubes Rosan mengatakan, shalat Idul Fitri berlangsung khidmat dan memberikan penyegaran iman dan harapan atas kehidupan yang lebih baik dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

"Ya Allah, terima kasih atas bulan Ramadan yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan untuk kita hingga dapat bertemu Ramadan tahun depan," kata Dubes Rosan.

Usai shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Wisma Indonesia yang menjadi kediaman resmi Dubes RI untuk AS, membuka pintu untuk sekitar 2 ribu diaspora Indonesia merayakan Idul Fitri bersama. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Doa Dan Bukber Bareng Komunitas Generasi Muda Mudi Masa Kini

"Kami berada jauh dari Tanah Air, tetapi suasana Indonesia sangat kental. Momentum halal bihalal Idul Fitri ini sangat penting untuk terus merawat dan memperkuat persatuan antarmasyarakat Indonesia di Amerika Serikat," kata Dubes Rosan.

Menurut eks Ketua Umum Kadin Indonesia ini, makanan yang disajikan untuk para diaspora Indonesia, antara lain lontong sayur, sambal goreng hati, opor ayam, sambal udang petai, dan rendang. Selain itu, disajikan juga kue nastar, putri salju, lapis Surabaya dan kastengel.

Selain menikmati kuliner khas Nusantara, KBRI Washington juga membuka Gerai Pemilu untuk menjaring para diaspora, termasuk WNI yang belum terdaftar mengikuti pesta demokrasi lima tahunan. 

Baca juga : Wamenag: Pesantren Dan Kampus Indonesia Terbuka Bagi Pelajar Palestina

Pemilu 2024 harus sukses. Semua pihak diharapkan mendukung kesuksesan seluruh rangkaian Pemilu, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya secara damai, jujur dan transparan,” kata Dubes Rosan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.