Dark/Light Mode

Kembali Terpilih Jadi Presiden

Erdogan: Ini Kemenangan 85 Juta Warga Turki Menang, Sekarang Waktunya Bersatu

Senin, 29 Mei 2023 06:55 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istri, Emine Erdogan (Foto: Anadolu)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istri, Emine Erdogan (Foto: Anadolu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai Presiden Turki, usai memenangkan pemilu putaran kedua, Minggu (28/5).

Erdogan bilang, kemenangan ini bukanlah kemenangan pribadi. Melainkan kemenangan seluruh warga Turki dan demokrasi di negaranya.

Baca juga : Sambut Presiden Iran, Jokowi Gelar Jamuan Makan Siang Di Istana Bogor

"Tidak ada yang kalah hari ini. 85 juta warga Turki telah menang. Sekarang waktunya bersatu, untuk mencapai tujuan dan cita-cita kita bersama," kata Erdogan di hadapan ribuan pendukungnya yang berkumpul di depan Komplek Kepresidenan Turki di di Ibu Kota Ankara, seperti dikutip Anadolu, Senin (29/5).

Pendukung Erdogan heboh merayakan kemenangan pemilu ini. Mereka menyanyikan lagu yang ditulis untuk presiden.

Baca juga : Erick Happy, Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Baik

Terpilihnya kembali Erdogan, dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Negara (YSK) Ahmet Yener, Minggu (29/5) malam.

Yener menyebut, Erdogan telah memenangkan kursi kepresidenan Turki, dengan angka 52,14 persen. Mengungguli Kiricdaroglu 47 86 persen.

Baca juga : Eks Napiter Minta Penguatan Wawasan Kebangsaan & Keagamaan Moderat Secara Berkala

Sejauh ini, penghitungan suara dalam Pemilu Turki telah mencapai 88,42 persen.

"Dalam salah satu pemilihan paling penting dalam sejarah politik multi-partai, bangsa kami membuat keputusan yang mendukung Abad Turki," kata Erdogan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.