Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ultah Raja Charles, Inggris Perkuat Kemitraan Dengan Indonesia, ASEAN

Rabu, 7 Juni 2023 09:21 WIB
Raja Inggris Charles III dan Permaisuri Ratu Camilla. (Foto Leon Neal/Getty Images)
Raja Inggris Charles III dan Permaisuri Ratu Camilla. (Foto Leon Neal/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Misi Inggris untuk ASEAN akan menggelar perayaan Pesta Ulang Tahun Raja (King’s Birthday Party - KBP), Rabu, 7 Juni 2023, hari ulang tahun resmi Raja Charles III.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor- Leste, Owen Jenkins dan Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Sarah Tiffin, akan menjadi tuan rumah acara ini.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Inggris, kemarin, resepsi diplomatik ini dan akan dihadiri lebih dari 800 tamu.  Termasuk menteri-menteri Indonesia, perwakilan senior ASEAN, pebisnis, politisi, pembuat kebijakan, akademisi, pimpinan media, pemimpin redaksi dan masih banyak lainnya.

Empat tema ulang tahun Yang Mulia Raja Charles III tahun ini adalah Keberlanjutan, Komunitas, Kaum Muda dan Keberagaman.

Baca juga : Telah Terbit, Buku Subkultur Mods Pertama Di Indonesia

KBP merupakan rangkaian dari Penobatan Raja Charles III yang berlangsung pada 6 Mei 2023, dan disaksikan masyarakat global.

Tahun ini Inggris dan Indonesia merayakan 74 tahun hubungan diplomatik. Keberagaman, inklusivitas dan menciptakan keseimbangan gender yang positif adalah jantung dari pekerjaaan pembangunan dan diplomasi Inggris di Indonesia dan ASEAN.

KBP akan digunakan sebagai kesempatan untuk memperkuat komitmen Inggris untuk memperdalam kemitraan dengan Indonesia dan ASEAN di berbagai sektor.  Mulai dari perubahan iklim, perdagangan dan investasi, keamanan dunia maya, akses digital, kesehatan, pendidikan hingga energi terbarukan dan transportasi hijau.

King Charles Dan Transisi Energi

Dubes Inggris Owen Jenkins mengatakan: “Sepanjang kehidupannya di mata publik, Yang Mulia Raja Charles III secara terbuka mendukung keberlanjutan, energi terbarukan dan keanekaragaman hayati."

Baca juga : Putu Rudana Gagas RUU Permuseuman, Sejalan Dengan Trisakti Bung Karno

Raja Charles, menurut Dubes Jenkins, menggunakan Penobatannya pada 6 Mei lalu untuk mempromosikan tema-tema yang sangat dekat di hatinya seperti komunitas, keragaman, keberlanjutan dan peran kaum muda.

"Tema-tema itu berkaitan erat dengan apa yang kami lakukan di sini. Saya sangat yakin bahwa Yang Mulia sangat bangga dengan kemitraan yang kita miliki dengan Indonesia," imbuhnya.

Kemitraan itu untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan yang ambisius, termasuk untuk melindungi dan memulihkan hutan, lahan gambut serta keanekaragaman hayati yang luar biasa, sambil mengejar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Ini akan menjadi KBP terakhir saya sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste karena saya akan segera menyelesaikan masa jabatan saya. Saya sangat bangga dengan semua yang telah kami capai bersama dengan mitra-mitra kami di Indonesia, melalui Kemitraan untuk Transisi Energi yang Adil (JETP)," tuturnya. 

Baca juga : Dubes Kroasia Nebojsa Koharovic Puji Kepemimpinan Indonesia Di ASEAN

Dubes Sarah Tiffin mengatakan, Indonesia sebagai Ketua ASEAN memainkan peran penting dalam mendorong ambisi ASEAN sebagai kawasan ekonomi yang tumbuh dengan cepat, inklusif, dan berkelanjutan.

"Sebagai Partner Dialog, kami melihat kawasan ini sangat penting bagi ekonomi kami, keamanan kami, dan kepentingan kami dalam tatanan internasional yang terbuka, stabil, dan sejahtera. Kami berharap dapat membangun kemitraan baru ini untuk mendukung sentralitas ASEAN, sebagai 'Episentrum Pertumbuhan'," pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.