Dark/Light Mode

Iklan Dinner Bareng Messi Rp 600-an Juta Merebak, Polisi Beijing Ingatkan Itu Penipuan

Minggu, 11 Juni 2023 21:31 WIB
Iklan Dinner Bareng Messi Rp 600-an Juta Merebak, Polisi Beijing Ingatkan Itu Penipuan

RM.id  Rakyat Merdeka - Polisi Beijing mengingatkan warganya, agar tak kena tipu iklan dinner atau makan malam bersama bintang sepak bola Argentina Lionel Messi seharga 300 ribu yuan atau Rp 627,24 juta.

Iklan itu beredar luas di China, seiring kedatangan Messi dalam rangka pertandingan FIFA Matchday melawan Australia di Negeri Tirai Bambu, Sabtu (10/6).

Penipu coba-coba cari mangsa, dengan menjual nama besar Messi. Mengingat makan, minum, dan selfie bersama Messi adalah impian besar bagi setiap bolamania.

Baca juga : Penertiban Berat Badan: Polisi Gendut Di India Auto Pensiun

"Jika Anda bisa ditipu sebesar 300 ribu yuan atau Rp 627,24 juta, kami akan mengangkat gelas untuk Anda," canda biro keamanan publik Beijing via Weibo, platform mirip Twitter di China.

Iklan satu malam bersama Messi, bukan satu-satunya bentuk penipuan yang mengeksploitasi nama besar sang mega bintang.

Selain itu, juga ada penipuan model lain, semacam tiket stadion "internal" yang dibandrol dengan harga 5.000 yuan atau Rp 10,45 juta. Serta paket VIP yang mencakup jersey bertanda tangan, kursi baris depan, dan foto bersama Messi seharga 8.000 yuan atau Rp 16,73 juta.

Baca juga : WHO Umumkan Covid-19 Bukan Lagi Kedaruratan Kesehatan Global, Prof Tjandra Ingatkan 5 Hal Ini

Untuk paket 50 juta yuan atau Rp 104,54 miliar, calon pembeli diiming-imingi dengan munculnya Messi di streaming langsung belanja Anda, untuk memuji keunggulan produk Anda.

Pertemuan China Vs Argentina, tak ubahnya seperti pertandingan ulang babak 16 besar di Piala Dunia musim dingin lalu. Ketika itu, pertandingan dimenangkan Argentina 2-1.

Tiket resmi laga China Vs Argentina yang dijual dengan harga 580-4.800 yuan atau Rp 1,2 juta sampai Rp 10 jutaan, dilaporkan telah terjual habis.

Baca juga : Main Badminton Bareng Menpora, Menteri Bahlil Siap Promosikan Sport Industry Ke Investor

Ratusan orang menunggu di luar hotel tim Argentina di Beijing pada Sabtu (10/6). Kepada AFP, seorang penggemar mengaku telah memesan kamar di hotel itu. Demi bisa melihat sekilas Messi, setelah gagal mengamankan tiket pertandingan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.