Dark/Light Mode

Kejagung Siapkan Jaksa Terbaik Untuk Isi Posisi Deputi Penindakan KPK

Senin, 3 April 2023 19:14 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejaksaan Agung (Kejagung) mempersiapkan personel atau anggota terbaiknya mengikuti seleksi jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), usai ditinggal Irjen Karyoto, yang menjadi Kapolda Metro Jaya.

"Kita akan mempersiapkan jaksa-jaksa terbaik yang sudah memiliki pengalaman yang bagus baik di Kejaksaan maupun di KPK," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumendana saat dikonfirmasi, Senin (3/4).

"Kejaksaan mempersiapkan anggotanya untuk menduduki jabatan Deputi Penindakan yang selama ini diduduki oleh unsur kepolisian," imbuhnya.

Baca juga : KPK Tunjuk Asep Guntur Jadi Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi

Ketut menuturkan, perlu ada keseimbangan komposisi jabatan di KPK. Kejagung, kata Ketut, berharap KPK bisa menjadi pendorong dalam mengungkap kasus korupsi besar seperti harapan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Sebelumnya, Polri juga menyatakan akan menyiapkan anggotanya untuk mengisi posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK menggantikan Irjen Karyoto.

"Saat ini salah satu jabatan strategis Deputi Penindakan di KPK sedang kosong dan Polri sedang menyiapkan kader-kader terbaik untuk mengisi kekosongan tersebut," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, di Mabes Polri.

Baca juga : Kapolri Putuskan Brigjen Endar Tetap Jabat Direktur Penyelidikan KPK

Namun dia belum menjelaskan siapa saja yang akan mengikuti seleksi sebagai calon Deputi Penindakan KPK. Ramadhan hanya mengatakan, korps baju cokelat berkomitmen penuh mendukung pemberantasan korupsi.

"Sebagai komitmen Polri terhadap giat pemberantasan korupsi," tandasnya.

Seperti diketahui, Irjen Karyoto ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Metro Jaya. KPK lalu menunjuk Brigjen Asep Guntur Rahayu sebagai Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi menggantikan Karyoto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.