Dark/Light Mode

Berenang 192 Km Di Sungai Hudson

Jumat, 23 Juni 2023 06:24 WIB
Dr Chua Jia Long mulai berenang di perairan terbuka pada 2019. (Foto: Samantha Chia)
Dr Chua Jia Long mulai berenang di perairan terbuka pada 2019. (Foto: Samantha Chia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Chua Jia Long, seorang dokter Angkatan Laut Singapura, jadi warga Negeri Singa pertama yang menyelesaikan renang sepanjang 192 km di Sungai Hudson di New York, Amerika Serikat. Total waktu yang ditempuhnya 44 jam, yang dia bagi jadi tujuh hari.

Berenang sejauh ratusan kilometer, telah lama jadi impian Chua. Hingga akhirnya dia berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Aksi renang itu dilakukannya tak cuma karena ambisi pribadi. Tapi juga menggalang dana yang akan dipakai untuk amal.

Baca juga : Buntut Pungli, KPK Rotasi Sejumlah Pegawai Rutan

Sebelum melakukan aksi ekstrem itu, Chua sebelumnya telah berlatih. Dia kerap berendam di bak berisi air bersuhu 17 derajat Celcius, agar terbiasa dengan suhu air sungai yang dikenal dingin.

Kendati demikian, tubuhnya tetap kaget dengan suhu dingin Sungai Hudson. “Badan saya mulai kram,” terang Chua, dilansir Straits Times, kemarin.

Baca juga : BP2MI Gerebek Penampungan PMI Ilegal Di Senen, Semuanya Perempuan

Aksi Chua berhasil menggalang dana amal untuk Rumah Sakit Luke di Singapura. Sebelumnya, dia sempat bekerja sebagai petugas medis di rumah sakit itu pada 2021.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.