Dark/Light Mode

Berpeluang Menang, Ini Saran Buat Prabowo

Rabu, 19 April 2023 07:15 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Facebook)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) Mochammad Toha memprediksi, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto punya peluang besar menang di Pilpres 2024. Asalkan, memiliki pasangannya yang tepat untuk mendongkrak elektabilitas.

Toha memberikan rekomendasi tiga nama yang bisa memberikan efek elektoral yang kuat di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yaitu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa; dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

“Jika elektabilitas Prabowo konstan sampai Pemilu 2024, maka bisa keluar sebagai pemenang dalam Pilpres 2024,” ujar Toha, melalui keterangan tertulis, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini berbasis survei terkini Lanskap di bulan April 2023 ihwal bursa Pilpres 2024 untuk masyarakat Jateng dan Jatim. Hasilnya, dua provinsi ini dianggap sudah mengenal sosok Prabowo dengan angka di atas 50 persen.

Dirincikannya, ada tiga nama di papan atas bursa capres 2024 di dua provinsi ini. Di Jateng, di tempati Prabowo, Ganjar, dan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sedangkan di Jatim, ada Prabowo, Khofifah, dan Ganjar.

Baca juga : Tetap Guyub Meski Lebaran Beda

Untuk peringkatnya baik di Jateng maupun di Jatim dipuncaki oleh tokoh yang berbeda. Dijelaskan, Ganjar Pranowo berada di urutan tertinggi di Jateng disusul oleh Prabowo dan Anies di tiga besar.

Sementara di Jatim, pemuncak untuk tingkat ketersukaan ditempati Prabowo, Khofifah dan Ganjar. Sementara Anies tertahan diposisi ke enam di Jatim.

Toha menyampaikan, basis analisanya mengapa Prabowo berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah. Salah satunya adalah karena kegiatan safari Menhan ke beberapa daerah bersama dengan Presiden Jokowi.

Di samping itu, faktor kinerja Menteri Pertahanan itu sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju juga dipandang bisa semakin menambah dukungan publik kepadanya.

“Kinerja sebagai Menhan dan kesediaannya bergabung dalam pemerintahan Jokowi demi persatuan bangsa diduga menjadi modal Prabowo meraih elektoral di Jateng,” ujar nya.

Baca juga : SMRC : Ganjar Lebih Berpeluang Naikkan Elektabilitas Dibanding Prabowo

Sementara tentang dugaan mengapa Prabowo berada di peringkat pertama di Jawa Timur juga tak lepas dari sepak terjang Prabowo selama ini di sana.

“Mun culnya Prabowo sebagai sosok dengan elektoral tinggi di Jatim tidak lepas dari kuatnya silaturahmi yang dibangun Prabowo dengan publik di sana, baik secara langsung maupun maupun melalui institusi pendidikan keagamaan dan tokohnya yaitu para kyai,” paparnya.

Hal itu tidak lepas dari kinerja nya sebagai Menhan dan endorsement Jokowi. Di sam ping itu, koalisi yang dijalin erat dengan PKB diduga besar memiliki efek elektoral yang bagus untuk Prabowo Subianto.

“Kondisi di mana Prabowo selalu menang bila menja di capres dan dipasangkan dengan cawapres manapun ini tak lepas dari sosok pribadi Prabowo yang memiliki magnet elektoral tinggi dan memang banyak disukai oleh pendukung Jokowi-Maruf di dua provinsi itu,” ucap Toha.

Namun demikian, Toha menyarankan, Prabowo agar benar-benar bisa memilih calon wakil Presiden yang tepat untuk mendampinginya di Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji Kanasugi Curhat Angka Kelahiran Susut Saat Bukber

Survei Lanskap tersebut dilakukan dalam rentang waktu 110 April 2023 dengan menggunakan sample 880 responden di untuk masing-masing wilayah, baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Metodologi survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error (MoE) +/3,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Juru Bicara Partai Gerindra, Andre Rosiade menyambut baik beragam tren positif Prabowo di berbagai bursa Capres 2024 belakangan ini. Intinya, Gerindra siap bekerja sama dengan pihak manapun, termasuk dengan PDI Perjuangan.

Andre yakin, kerja sama PDIP dan Gerindra bisa terjalin di Pilpres 2024. Sebab, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri bersahabat sejak lama. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.