Dark/Light Mode

Dubes Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun

Ajak Jurnalis Negeri Panda Liput KTT ASEAN Di Tanah Air

Selasa, 27 Juni 2023 05:43 WIB
Duta Besar Indonesia untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun. (Foto KBRI Beijing)
Duta Besar Indonesia untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun. (Foto KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - DUTA Besar (Dubes) Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun mengundang para wartawan Negeri Panda meliput Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Indonesia, September nanti. Sejak awal tahun ini, jajaran KBRI di Beijing sudah memaparkan sejumlah acara terkait KTT ASEAN kepada sejumlah jurnalis dan media China.

“Mengingat pentingnya ASEAN bagi China, kami mengundang wartawan China meliput KTT ASEAN,” ujar Dubes Djauhari, dalam keterangan tertulis, Minggu (25/6).

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Bulgaria Iwan Bogananta Promosi IKN Dengan Konser Musik

Dubes yang akrab disapa Djo itu mengatakan, hubungan antara ASEAN dan China semakin menguat sejak disepakatinya ASEAN-China Comprehensive Strategic Partnership, November 2021.

Tahun ini, lanjut Dubes Djauhari, RCEP (Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional) akan diimplementasikan secara utuh di ASEAN, karena semua negara telah meratifikasinya.

Baca juga : Indonesia Vs Argentina: Ini 8 Pemain Yang Di Luar Negeri, 5 Baru Jadi WNI

ASEAN sudah menjadi mitra dagang terbesar China dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kepabeanan China (GACC), nilai perdagangan China-ASEAN meningkat 7,6 persen di triwulan I/2023 dibanding pencapaian pada triwulan I/2022.

KTT ASEAN ke-43 direncanakan digelar September di Jakarta, dan akan dihadiri oleh para Pemimpin ASEAN dan Pemimpin Negara Mitra ASEAN. Pada kesempatan ini, KTT ASEAN akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

Baca juga : Menteri Bahlil Ajak Pengusaha AS Investasi Ke Tanah Air

Saat KTT G20 digelar di Bali November lalu, lebih dari 100 wartawan China terbang ke Pulau Dewata untuk meliput kegiatan tersebut. Beberapa awak media asing yang membuka kantor perwakilan di China juga mengajukan permohonan visa jurnalis ke KBRI Beijing untuk kegiatan liputan KTT G20 di Bali itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.