Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Bulgaria Iwan Bogananta Promosi IKN Dengan Konser Musik

Senin, 29 Mei 2023 23:32 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta. (Foto RM/KBRI Sofia)
Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta. (Foto RM/KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia, Bulgaria, gencar terus gencar mempromosikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke masyarakat di Bulgaria. Salah satunya, menggelar konser musik "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara", di Ancient Theater Plovdiv pada 8 Juni nanti.

Menurut keterangan Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta pada Sabtu (27/5), konser musik ini adalah salah satu cara memperkenalkan Nusantara dan menarik investor asing.

“Harmonature adalah harmonisasi keeratan hubungan alam dengan musik, menawarkan perpaduan yang memukau antara musik tradisional dan kontemporer Indonesia,” terang Dubes Iwan dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka.

Tema tersebut dipilih sejalan dengan fokus Pemerintah RI dalam mempromosikan IKN sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional.

Baca juga : Mahasiswa Indonesia Kenalkan Keragaman Budaya Di Kazan University

Di bawah binaan Dubes Iwan, konser ini bertujuan mendorong pertukaran budaya dan mempererat ikatan antara Indonesia dan Bulgaria.

Dubes Iwan menginisiasi Harmonature pada 2021 bersama seluruh tim KBRI Sofia mempersiapkan secara detail selama hampir satu tahun, demi memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung.

Dipimpin konduktor ternama Erwin Gutawa, Ethnochestra, terdiri dari hampir 50 pemain dari Indonesia, akan menjadi inti acara, menampilkan tradisi musik kepulauan Indonesia yang dinamis.

Konser Harmonature

Melalui melodi tradisional yang berpadu dengan musik kontemporer, penonton akan dibawa ke lanskap Indonesia yang menawan. Perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D spektakuler karya Jay Subiakto dan Taba.

Baca juga : Gaet Diaspora Network, Promo Produk Hingga Kuliner Nusantara

Proyeksi pada pilar dan dinding Ancient Theater ini akan menampilkan alam Indonesia dan menyoroti Nusantara. Sajian visual ini akan menjadi jembatan antara sejarah kuno dan seni kontemporer.

Selain itu, penyanyi Bulgaria dan pemenang The Voice of Bulgaria 2021, Petya Paneva, akan berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia, Woro Mustika (Indonesian Idol 2021) untuk memadukan kekayaan tradisi musik Bulgaria dan Indonesia.

Dua penyanyi ternama Indonesia lainnya yang juga akan ambil bagian adalah Sandhy Sundhoro dan Gabriel Harvionto. Semua penampil akan mengenakan Batik Indonesia yang sangat indah dari Iwan Tirta Private Collection.

Konser juga akan menampilkan Pesona Mawar Nusantara, satu-satunya kelompok tari Indonesia di Bulgaria, serta Bidadari, kelompok tari Indonesia dari Serbia.

Baca juga : Hatten Bali Dan Kemenparekraf Mantapkan Kerja Sama

Selain itu, Harmonature akan menampilkan peragaan busana dari Sejauh Mata Memandang, brand Indonesia yang terkenal dengan batik ramah lingkungan.

 Konser Harmonature terbuka untuk umum, tanpa biaya tiket. Acara ini diperkirakan akan menarik penonton sebanyak 3.000 hingga 4.000 orang, dan juga akan disiarkan langsung di YouTube : Indonesiainsofia.

Acara ini disponsori Artha Graha, Bella Group Bulgaria, Kementerian Investasi RI, Sido Muncul, Vaya Group Bulgaria, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Christian of Roma Bulgaria. Didukung Pemerintah Kota Plovdiv dan Euronews Bulgaria. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.