Dark/Light Mode

Shalat Idul Adha Di KBRI Bangkok, Khatib Petik Totalitas Iman Dari Kisah Nabi Ibrahim Dan Ismail

Kamis, 29 Juni 2023 12:43 WIB
Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim saat menyampaikan khutbah Idul Adha 1444 Hijriah di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok, pada Kamis pagi (29/6). (Foto: KBRI Bangkok)
Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim saat menyampaikan khutbah Idul Adha 1444 Hijriah di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok, pada Kamis pagi (29/6). (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.384 orang warga negara Indonesia yang berada di Bangkok dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok, pada Kamis pagi (29/6).

Meskipun dilaksanakan pada hari kerja di Thailand, antusiasme masyarakat Indonesia melaksanakan Shalat Idul Adha di KBRI Bangkok tetap tinggi. 

Shalat Idul Adha kali ini tidak hanya dihadiri oleh warga negara Indonesia yang tinggal di Bangkok dan kota-kota disekitarnya saja, melainkan juga diikuti oleh masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke Thailand.

Bertindak selaku Imam shalat Idul Adha 1444 H kali ini adalah Ustadz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Daarul Aman Bangkok. 

Baca juga : Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh Pada Hari Apa? Ini Hasil Sidang Isbat Kemenag

Sedangkan khatibnya adalah Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim dengan Bilal yaitu Ustadz Asep Saepuddin Muhajir, Guru Pelajaran Agama Islam pada Sekolah Indonesia Bangkok.

Khatib dalam khutbahnya mengambil tema “Ibadah Qurban, cerminan keikhlasan dan ketaatan dalam bingkai solidaritas kemanusiaan”.  

Menurut khatib, makna utama dari kejadian penyembelihan Nabi Ismail oleh ayah tercintanya Nabi Ibrahim yaitu perlunya umat Islam memiliki totalitas iman dan takwa kepada Allah SWT di atas kecintaan terhadap apapun yang dimiliki.

"Mengenai kemuliaan nyawa manusia dimana Nabi Ismail diganti dengan domba oleh Allah swt, dan hakikat pengorbanan dalam wujud harta, benda, fikiran dan waktu," tutur Khotib.

Baca juga : Australia-Indonesia Bangun Fasilitas Keselamatan Maritim Dan Inspeksi Kapal

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa ibadah Qurban mengajarkan umat Islam mengenai pentingnya solidaritas kemanusiaan dengan saling memberi selain kesolehan yang tinggi kepada Allah swt.

Setelah selesai melaksanakan shalat Idul Adha, masyarakat Indonesia berswafoto ria dan berbincang ringan di beberapa sudut lapangan sepak bola KBRI Bangkok. 

Masyarakat Indonesia juga berkesempatan menikmati makanan ringan nusantara seperti risoles dan arem-arem sebagai pelepas rindu terhadap makanan ringan Tanah Air.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha seperti ini menjadi salah satu momen yang berharga bagi masyarakat Indonesia di rantau Thailand. 

Baca juga : PalmCo Diyakini Tingkatkan Kemitraan Dan Kesejahteraan Petani

Masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa Indonesia di Thailand selalu menunggu-nunggu momen seperti ini, karena dapat melepaskan rasa rindu suasana lebaran Idul Qurban ala Indonesia di negeri Gajah Putih tersebut sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Pada perayaan Idul Adha tahun 2023, Mesjid Assafier KBRI Bangkok telah menfasilitasi warga negara Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah Qurban yaitu berupa pemotongan satu ekor sapi dan 3 ekor kambing. 

Pemotongan hewan kurban tidak dilaksanakan di lingkungan KBRI Bangkok, melainkan di wilayah Minburi, Thailand. Adapun daging Qurban tersebut diberikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, dan fisabilillah di daerah Minburi, Bangkok Thailand.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.