Dark/Light Mode

Di Korsel, Menteri Basuki Bahas Krisis Air Global

Jumat, 7 Juli 2023 11:04 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bertemua Wakil Menteri Sumber Daya Air China, Liu Weiping di K-Water Global Education Center, Hwaseong, Korea Selatan Korsel membahas tantangan dan peluang dalam mengatasi krisis air yang semakin mendesak, Kamis 6/7.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bertemua Wakil Menteri Sumber Daya Air China, Liu Weiping di K-Water Global Education Center, Hwaseong, Korea Selatan Korsel membahas tantangan dan peluang dalam mengatasi krisis air yang semakin mendesak, Kamis 6/7.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang krisis air global, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China  mengambil langkah konkret untuk memperkuat kerja sama dalam pengelolaan sumber daya air. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertemu Wakil Menteri Sumber Daya Air China, Liu Weiping di K-Water Global Education Center, Hwaseong, Korea Selatan (Korsel). Keduanya membahas tantangan dan peluang dalam mengatasi krisis air yang semakin mendesak. 

Baca juga : Bertemu CEO K-Water Korsel, Basuki Bahas Pengelolaan Air

“Pertemuan bilateral ini menandai sebuah komitmen bersama untuk menciptakan solusi inovatif dan berkelanjutan guna menjaga keberlanjutan sumber daya air di Indonesia, China, dan seluruh dunia,” ujar Basuki, Kamis (6/7/) .

Dalam pertemuan itu, Menteri dari PDI Perjuangan ini menekankan, pentingnya kolaborasi kedua negara untuk mengatasi tantangan sumber daya air.

Baca juga : Bupati Bone Bolango Beri Beasiswa 5 Mahasiswa Di ESQ Business School

“Pemerintah Indonesia mengapresiasi komitmen Pemerintah China dalam mendukung penyelenggaraan 10th World Water Forum di Bali, pada 2024 mendatang. Kerja sama ini akan memperkuat pengelolaan sumber daya air dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi masalah global,” kata Basuki.

Selain mendukung Pemerintah Indonesia yang mewujudkan semangat kerja sama dan kolaborasi melalui penyelenggaraan kegiatan 10th World Water Forum di Bali, Indonesia, Pemerintah China juga akan memastikan penyelenggaraan 4th Asia International Water Week di Beijing, China berjalan dengan baik.

Baca juga : Terbang Ke China, Menperin Bakal Bahas Kerja Sama Industri

“Pemerintah China juga akan memastikan kesuksesan 4th AIWW di Beijing yang juga akan diselenggarakan pada 2024 dan kami memohon dukungan bersama supaya tujuan pengelolaan sumber daya air yang lebih baik dapat tercapai,” kata Wakil Menteri Liu Weiping.

Kementerian PUPR berharap melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman tersebut, Indonesia dan China dapat mencapai pengelolaan air yang berkelanjutan untuk kepentingan kedua negara dan juga masyarakat global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.