Dark/Light Mode

Bertemu CEO K-Water Korsel, Basuki Bahas Pengelolaan Air

Kamis, 6 Juli 2023 15:15 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Basuki Hadimuljono bertemu dengan CEO K-Water Korea Selatan Korsel Yun Seog Dae, pada Rabu (5/7).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Basuki Hadimuljono bertemu dengan CEO K-Water Korea Selatan Korsel Yun Seog Dae, pada Rabu (5/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertemu dengan CEO K-Water Korea Selatan (Korsel) Yun Seog Dae, pada Rabu (5/7).

Basuki datang bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto. 

Pertemuan bilateral tersebut membahas kolaborasi menuju masa depan infrastruktur pengelolaan air yang berkelanjutan di Indonesia, termasuk dalam pembangunan IKN Nusantara. 

Dalam pertemuan tersebut, Menteri dari PDI Perjuangan ini mengapresiasi kerja sama dan komitmen antara Indonesia dan Korsel yang memiliki visi bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengembangan infrastruktur air yang inovatif.

Baca juga : Sempat Gangguan, Akun Twitter KAI Normal Kembali, Ini Penjelasannya

“Selamat dan apresiasi kepada Yun Seog Dae telah mengemban jabatan barunya sebagai CEO K-Water. Dan juga atas komitmen dan partisipasi K-Water selama ini dalam memajukan sektor pengelolaan air di Indonesia. Karena kerja sama internasional sangat penting untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan air, termasuk perubahan iklim dan peningkatan kebutuhan infrastruktur,” kata Basuki dalam keterangannya, Kamis (6/7).

Dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia dan Korsel berkomitmen untuk memperkuat kerja sama melalui pertukaran pengetahuan dan teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta pengembangan proyek-proyek kolaboratif di bidang pengembangan infrastruktur pengelolaan air. 

Kedua negara juga akan berupaya dalam mewujudkan proyek-proyek luar biasa di IKN Nusantara.

Terlebih pada Maret 2023, Menteri Agraria, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea, Won Hee Ryeong bersama dengan 57 perwakilan perusahaan Korea Selatan dan didampingi Duta Besar, Gandi Sulistiyanto telah mengunjungi IKN Nusantara untuk melihat langsung proyek pembangunan bendungan Sepaku Semoi dan memberikan motivasi kepada para pekerja Korsel yang terlibat dalam proyek-proyek di IKN Nusantara.

Baca juga : Lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome, Ini Nama Pemenangnya

“Sudah banyak kerja sama yang telah dilakukan dengan K-Water, termasuk proyek pembangunan infrastruktur dan pelatihan pengembangan kapasitas. Indonesia juga memiliki banyak proyek yang akan dikembangkan di IKN Nusantara, sehingga kami mengundang CEO K-Water untuk mengunjungi langsung proyek pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara,” jelas Basuki.

Beberapa contoh bentuk kerja sama K-Water dengan Indonesia, yaitu dalam pelaksanaan Bendungan Karian di Jawa Barat yang merupakan salah satu proyek public private partnership (PPP). Dan juga pengembangan water treatment plant Sepaku Semoi di IKN Nusantara yang menggunakan teknologi zero carbon, sebagai upaya dalam mendukung Green Transition Initiatives platform.

“K-Water ingin menjadi mitra bisnis dalam berbagai proyek kerja sama pengembangan infrastruktur air di Indonesia. K-Water juga berharap dapat melanjutkan hubungan yang baik dengan Indonesia dan Kementerian PUPR, serta mendukung pembangunan waterworks di Indonesia,” jelas Yun Seog Dae.

Basuki berharap, pertemuan bilateral ini akan menjadi langkah yang berarti dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Korsel terutama di bidang pengembangan infrastruktur pengelolaan air.

Baca juga : Bertemu PM Anwar, Jokowi Bahas Isu Perbatasan Dan Sawit Di Malaysia

“Kami juga mengundang K-Water untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan 10th World Water Forum di Bali pada tahun 2024 mendatang yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di bidang pengelolaan air secara global,” tandas Menteri Basuki.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.