Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Perdamaian Papua, Diaspora Indonesia di Finlandia Gelar Doa Bersama

Jumat, 13 September 2019 11:22 WIB
Dubes Wiwiek Setyawati Firman (keenam kiri) bersama diaspora Indonesia di Finlandia yang mengadakan acara Doa Lintas Agama. (Foto: KBRI Helsinki).
Dubes Wiwiek Setyawati Firman (keenam kiri) bersama diaspora Indonesia di Finlandia yang mengadakan acara Doa Lintas Agama. (Foto: KBRI Helsinki).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meneguhkan komitmen mempertahankan persatuan Indonesia, perkumpulan diaspora Indonesia di Finlandia mengadakan acara doa bersama. Kegiatan ini ditujukan untuk mendoakan perwujudan perdamaian di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman, yang menghadiri acara doa bersama ini mengatakan, diaspora Indonesia memang perlu satu suara untuk meredam suara provokator, yang tidak menginginkan perdamaian di Tanah Papua.

Baca juga : Sesmenpora : Persahabatan Pemuda Indonesia-Malaysia Harus Dijaga

Dalam rilis Kedutaan Besar Helsinki, doa lintas agama adalah upaya diaspora Indonesia untuk saling menguatkan diri.

Diaspora Indonesia di Finlandia sangat menyesalkan demonstrasi kekerasan, karena mengganggu perdamaian dan keamanan. Selain itu, juga melanggar hak rakyat untuk pembangunan, dan menyebabkan korban jiwa. Baik dari warga sipil, maupun penegak hukum.

Baca juga : Amankan Pertandingan Indonesia - Thailand, Polda Metro Jaya Kerahkan 10.000 Personel

Melalui doa lintas agama, diaspora Indonesia di Finlandia berharap bahwa Tuhan membawa kekuatan, kesabaran, dan berkat bagi pemerintah dan masyarakat Papua. Untuk bersatu dan mendukung satu sama lain, memulihkan perdamaian dan keamanan, melanjutkan pembangunan, serta untuk mempromosikan, melindungi, dan memenuhi hak-hak rakyat.

“Demonstrasi–demonstrasi kekerasan yang dilakukan di Papua dan Papua Barat tidak dapat ditolerir. Sangat disesali. Sangat menyedihkan. Demonstrasi tersebut telah merusak perdamaian dan keamanan, merusak hak rakyat atas pembangunan, dan menghilangkan nyawa rakyat. Baik dari kalangan sipil, maupun aparat keamanan,” ujar Dubes Wiwiek.

Baca juga : Dukung Ekonomi Kreatif, Indonesia Ikut Serta di Expo 2020 Dubai

"Semoga Tuhan memberikan berkat, kekuatan, kemampuan, keteguhan, kesabaran dan perlindungan bagi para penyelenggara negara dan rakyat. Untuk bersatu dan saling dukung mengembalikan perdamaian dan keamanan. Juga untuk meneruskan pembangunan agar dapat memajukan, melindungi dan memenuhi hak-hak dasar rakyat di Papua dan Papua Barat,” pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.