Dark/Light Mode

Bantu Padamkan Hutan Amazon, Presiden Bolivia Malah Nyasar

Sabtu, 31 Agustus 2019 15:04 WIB
Presiden Evo Morales ikut memadamkan api di hutan Amazon, Kamis (29/8). (Foto: Bolivian Press Doc)
Presiden Evo Morales ikut memadamkan api di hutan Amazon, Kamis (29/8). (Foto: Bolivian Press Doc)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Bolivia Evo Morales kembali turun ke lapangan untuk membantu memadamkan titik api di hutan Amazon, Kamis (29/8) malam waktu setempat.

Namun, di momen keduanya terjun bersama tim pemadam, Presiden Morales malah nyasar.

Berdasarkan laporan Kantor Berita Kepresidenan Bolivia, yang dikutip Reuters, Sabtu (31/8), Morales berangkat bersama tim pemadam pada Kamis (29/8) siang. Tapi, saat akan kembali berkumpul di tempat yang dijanjikan, rombongan Morales yang kebagian membantu rerimbunan hutan di Timur Bolivia, tak kunjung muncul.

Baca juga : Saat Bapaknya Ajukan PK, Putri Novanto Malah Digarap KPK

Setelah menurunkan tim penyelamat, tim SAR akhirnya berhasil menemukan Presiden Morales dan timnya, yang tersesat ke arah barat dari lokasi berkumpul.

"Presiden dan rombongan selamat. Mereka sempat hilang kontak selama satu jam. Namun kini sudah kembali ke ibukota," terang pihak Kantor Kepresidenan.

Hutan hujan tropis Amazon, yang juga melintasi Bolivia, tengah mengalami krisis. Banyaknya titik api, membuat kebakaran di kawasan tersebut sulit dipadamkan.

Baca juga : Padamkan Hutan Amazon, G7 Nyumbang Rp 285 M

Morales adalah satu-satunya presiden yang turun tangan membantu menjinakkan api.

Lebih dari 1,2 hektar kawasan hutan lindung Amazon di kawasan Bolivia terbakar. Total keseluruhan, ada hampir 1 juta hektar kawasan hutan Amazon yang dibabat si jago merah.

Pekan lalu, Bolivia meminta bantuan Amerika Serikat untuk meminjamkan Boeing 747 supertanker dan juga pesawat kecil, untuk menghentikan kebakaran di Hutan Amazon[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.