Dark/Light Mode

ACS Also Matters

Dubes Gandi Serah Terima Keketuaan Dengan Dubes Laos Di ASEAN Committee In Seoul

Jumat, 14 Juli 2023 08:13 WIB
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kanan) saat menyerahkan gavel kepada Dubes Laos untuk Korsel Songkane Luangmuninthone dalam acara Serah Terima Keketuaan di ASEAN Committee in Seoul, Kamis 13/7. (Foto: KBRI Seoul)
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kanan) saat menyerahkan gavel kepada Dubes Laos untuk Korsel Songkane Luangmuninthone dalam acara Serah Terima Keketuaan di ASEAN Committee in Seoul, Kamis 13/7. (Foto: KBRI Seoul)

 Sebelumnya 
 

Dubes perempuan negara anggota ASEAN Committee in Seoul (Brunei Darussalam, Cambodia, Filipina) dan para istri Dubes negara anggota ACS (Thailand, Vietnam, Myanmar, Lao PDR) dalam Angklung Workshop yang dilatih Sugiarto, pegawai KBRI Seoul dan Ibu-ibu Anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul di bawah kepemimpinan Ibu Susi A. Sulistiyanto. (Foto: KBRI Seoul)

 

Acara serah terima juga telah difungsikan, untuk memperkenalkan angklung sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang terdaftar di UNESCO sejak tahun 2010.

Baca juga : Seru! Ganjar Pranowo Satu Panggung Dengan Putri Ariani Di Stadion Manahan Solo

Sugiarto, pegawai KBRI Seoul yang menjadi dosen angklung di lembaga pendidikan tinggi Korea Selatan, menjadi pemandu istri-istri Dubes ASEAN dan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, yang membawakan lagu Arirang dan Bengawan Solo.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya, untuk memperkenalkan alat musik ikonik Indonesia yang terbuat dari bambu. Sama halnya dengan angklung, saya berharap, negara-negara anggota ASEAN dapat bergerak bersama, untuk menciptakan harmoni perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran yang bergema di kawasan dan seluruh dunia,” papar Dubes Sulis.

Dalam kesempatan tersebut, kebhinekaan gastronomi khas Tanah Air juga disajikan.

Baca juga : Dubes Djauhari Promosikan Indonesia Di China-ASEAN Forum on Emerging Industries

Dari nasi kuning lengkap dengan rendang dan sambal goreng ati petai, sampai sop iga sapi dan kopi khas Nusantara.

Sesuai Pasal 43 Piagam ASEAN, ACS didirikan untuk mempromosikan kepentingan dan identitas ASEAN di Korea.

ACS membantu promosi ASEAN dan kerja sama antara ASEAN dan Korea, dengan memfasilitasi berbagai hal terkait ASEAN di Korea.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.