Dark/Light Mode

ACS Also Matters

Dubes Gandi Serah Terima Keketuaan Dengan Dubes Laos Di ASEAN Committee In Seoul

Jumat, 14 Juli 2023 08:13 WIB
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kanan) saat menyerahkan gavel kepada Dubes Laos untuk Korsel Songkane Luangmuninthone dalam acara Serah Terima Keketuaan di ASEAN Committee in Seoul, Kamis 13/7. (Foto: KBRI Seoul)
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kanan) saat menyerahkan gavel kepada Dubes Laos untuk Korsel Songkane Luangmuninthone dalam acara Serah Terima Keketuaan di ASEAN Committee in Seoul, Kamis 13/7. (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Well done, Ambassador Sulis. Begitu kata Duta Besar (Dubes) negara-negara anggota ASEAN kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto, dalam acara Serah Terima Keketuaan Indonesia di ASEAN Committee in Seoul/ACS, Kamis (13/7).

Dubes Gandi menuturkan, tahun 2023 ditandai dua hal yang sangat istimewa. Yaitu presidensi Indonesia di ASEAN dan peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korea.

 

The ASEAN Way in Wisma Indonesia: Duta Besar Negara Anggota ASEAN dan istri bersama anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul. (Foto: KBRI Seoul)

 

Sejalan dengan tema besar keketuaan Indonesia yaitu ASEAN Matters, Epicentrum of Growth, KBRI Seoul memastikan bahwa ASEAN Committee in Seoul also matters.

Baca juga : Seru! Ganjar Pranowo Satu Panggung Dengan Putri Ariani Di Stadion Manahan Solo

"Puji syukur, atas dukungan seluruh Duta Besar negara-negara anggota ASEAN, kami dapat menuntaskan keketuaan KBRI Seoul pada ACS secara paripurna”, kata Dubes Gandi.

Berbagai inisiatif telah diluncurkan, di sepanjang keketuaan Dubes RI di Seoul pada ACS.

Termasuk, diskusi bersama dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan para Duta Besar Negara ASEAN di Seoul, 29 Maret 2023.

Diskusi bersama mantan Menlu Hasan Wirajuda juga dilakukan atas inisiatif KBRI Seoul, 27 Juni 2023.

Selain itu, telah dilakukan dialog Dubes ACS bersama Menteri Luar Negeri Korea Park Jin, dan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn pada 16 Juni 2023.

Baca juga : Dubes Djauhari Promosikan Indonesia Di China-ASEAN Forum on Emerging Industries

KBRI Seoul memainkan peran aktif dalam menyelenggarakan kegiatan terkait, seperti Media Briefing KBRI Seoul dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN sebagai salah satu tema utama, Workshop Batik untuk Pasangan Duta Besar negara Anggota ASEAN, Makan Malam ACS dengan Dubes RRT untuk Korea, Acara Buka Puasa Bersama ACS dengan Menlu RI, serta Working Luncheon ACS dengan Ketua Parlemen Korea.

Sebagaimana diamanatkan Menlu Retno Marsudi pada ASEAN Ministerial Meeting ke-56 yang baru berlangsung di Jakarta, kesatuan dan sentralitas ASEAN adalah kunci stabilitas kawasan.

Dalam kerangka ASEAN Committee in Seoul, ASEAN Way tercermin dari kerja sama dan persahabatan yang erat di antara para Duta Besar dan staf Perwakilan negara ASEAN. "Sehingga, penanganan isu yang tampak sulit dapat dirampungkan dengan baik," ujar Dubes Gandi.

Acara serah terima keketuaan Indonesia di ACS kepada Laos, ditandai juga dengan penyerahan gavel dari Dubes Sulis kepada Dubes Republik Demokratik Rakyat Laos untuk Republik Korea, Songkane Luangmunithone.

Dalam momentum ini juga, Dubes Luangmunithone menyampaikan, totalitas kepemimpinan Indonesia yang mendorong berbagai inisiatif dalam kerangka ASEAN Committee in Seoul, patut mendapat apresiasi.

Baca juga : Kekuatan Pemuda-Wanita ASEAN Mesti Diperhitungkan

Oleh karena itu, Kedubes Laos di Seoul berkomitmen untuk meneruskan langkah-langkah baik, yang telah dimulai dari kepemimpinan KBRI Seoul di ACS.

Dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia Korea bertema “Closer Friendship Stronger Partnership” di tahun 2023, telah disampaikan paparan mengenai persahabatan, serta video singkat berisi kegiatan-kegiatan utama yang telah diselenggarakan termasuk Indonesia Night di Daegu, Bazar UMKM di Seoul, serta Business Forum di Seoul dan Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.