Dark/Light Mode

Ketua Parlemen dan Menteri Thailand Beri Penghormatan pada Mendiang BJ Habibie

Selasa, 17 September 2019 07:02 WIB
Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya BJ Habibie dengan menuliskannya di buku duka cita (condolence book) yang disediakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand. (Foto KBRI Bangkok)
Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya BJ Habibie dengan menuliskannya di buku duka cita (condolence book) yang disediakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pejabat tinggi Thailand antara lain Presiden National Assembly sekaligus Ketua Parlemen serta beberapa Menteri Kabinet Thailand, mendatangi Wisma Indonesia di Kedutaan Besar RI di Bangkok untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, Senin (16/9).

Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai, atas nama Perdana Menteri Kerajaan Thailand, menyampaikan ucapan duka cita dengan menuliskannya di buku duka cita (condolence book) yang disediakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Bangkok). Dalam ucapan duka cita tersebut, Menlu Don menyatakan belasungkawa kepada Pemerintah dan Masyarakat Indonesia atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie yang berjasa besar dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

Baca juga : Kementan Serap dan Olah Kedelai Lokal Petani Garut dan Cianjur

Presiden National Assembly dan Ketua Parlemen Thailand yang sekaligus mantan Perdana Menteri, Chuan Leekpai juga menyampaikan belasungkawa di buku duka cita yang disediakan. Demikian pula dengan Menteri Kebudayaan Thailand, Itthiphol Kunplome dan Menteri Pendidikan Thailand, Nataphol Teepsuwan.

Buku duka cita di Wisma Indonesia dibuka untuk publik sejak 13 September 2019 sampai 16 September 2019. Ucapan duka cita terus mengalir dari para pejabat setempat, Duta Besar negara-negara sahabat maupun masyarakat Indonesia di Bangkok, di antaranya Ibu Armida S Alisjahbana, Executive Secretary UNESCAP.

Baca juga : KPK Tetapkan Pengusaha Kock Meng Tersangka

Duta Besar dari negara ASEAN, Timor Leste, Kuba, Swedia, Malta, Russia, Jerman, Afrika Selatan, Nepal, Uni Emirat Arab, dan Turki ikut merasa berduka atas berpulangnya Habibie.

Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi menegaskan, kepergian almarhum BJ Habibie meninggalkan duka yang mendalam bagi rakyat Indonesia.

Baca juga : Teriknya Matahari Tak Halangi Warga Saksikan Pemakaman Habibie

"Beliau memberikan sumbangsih yang nyata dalam mewujudkan amanah rakyat demi keutuhan bangsa dan juga karya nyata bagi masyarakat Indonesia. Meninggalnya mantan Presiden ketiga, BJ Habibie merupakan kehilangan besar tidak hanya bagi Indonesia, tetapi juga bagi kawasan," katanya, dalam keterangan pers kepada RMCo.id.

Selain dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia yang banyak menghasilkan inovasi teknologi utamanya di teknologi penerbangan, mendiang juga telah berperan penting dalam proses transisi Indonesia menuju demokrasi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.