Dark/Light Mode

Dubes Jepang Masafumi Ishii Ramaikan Lari Estafet Kizuna Ekiden

Selasa, 17 September 2019 09:47 WIB
Dubes Masafumi Ishii (kedua kiri) foto bareng panitia acara. (Foto IST)
Dubes Masafumi Ishii (kedua kiri) foto bareng panitia acara. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keawasan Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu pagi (15/9), terlihat lebih ramai dari biasanya. Ribuan orang tampak berlarian melakukan pemanasan sejak pukul 5.30. Mereka adalah peserta ajang lari estafet Jakarta Kizuna Ekiden 2019. Ajang yang sudah diadakan sejak 2014 merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan untuk memperkuat hubungan Jepang-ndonesia. Acara ini merupakan kolaborasi Kompas dan Harian Mainichi Shimbun.

Di antara peserta Jakarta Kizuna Ekiden yakni artis Haruka Nakagawa, pesepak bola Jepang Shohei Matsunaga, atlet marathon Jepang Yoshimi Ozaki dan juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. Ajang itu dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ajang ini, katanya, bukan untuk menunjukkan siapa yang paling jago, Jepang atau Indonesia.

Baca juga : Kedubes Inggris Sampaikan Doa atas Wafatnya Habibie

“Ini ajang kerja sama tim. Karena satu tim harus terdiri dari orang Jepang dan Indonesia. Ini wujud kekompakkan,” ujar Dubes Ishii.

“Dan olahraga ini Insya Allah namanya saja estafet, artinya kerja kelompok, dan harapannya nanti memperkuat persaudaraan antara Jepang dan Indonesia,” sambung Anies Baswedan.

Baca juga : BPK Beberkan Masalah Di Industri Sawit, Luhut Mau Lapor Ke Presiden

Menurut Anies, hubungan antara Indonesia dan Jepang bukan sekadar antarpemerintah (G to G) dan antardunia usaha bisnis (B to B), tetapi juga antarmasyarakat (P to P). “Proyek-proyek pembanguan bersama Jepang juga kita lakukan banyak. Tapi antarmasyarakat, aspek kebudayaan dan olahraga itu perlu kita dorong. Kita berharap lebih banyak lagi nanti kegiatan seperti ini,” tutur Anies.

Ekiden merupakan lari maraton estafet ala Jepang yang tidak memakai tongkat untuk dioper antarpelari, melain kan sebuah kain yang dinamakan tasuki. Setiap tim terdiri dari empat pelari, satu di antaranya orang Indonesia atau sebaliknya (3 orang Indonesia dan 1 orang Jepang). Tahun ini, 600 tim, total 2.400 peserta yang berpartisipasi. Dengan jumlah itu diharapkan dapat mempererat hubungan Indonesia-Jepang.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.