Dark/Light Mode

Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023, Taman Kota Moskow

Rabu, 2 Agustus 2023 20:14 WIB
Penampilan Grup Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow, di Eurasian Music Festival 2023, di Taman Kota Moskow, Rusia, Minggu (30/7). (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Penampilan Grup Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow, di Eurasian Music Festival 2023, di Taman Kota Moskow, Rusia, Minggu (30/7). (Foto: Dok. KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alunan merdu musik gamelan Jawa Tengah menggema, membuai ratusan orang yang hadir di tengah terik musim panas, Eurasian Music Festival 2023, di Taman Kota Moskow, Rusia, Minggu (30/7). Musik tradisional ini dimainkan Grup Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow, dengan sebagian besar anggota anak-anak muda Rusia dan Belarus.

Selama 45 menit, beberapa gending gamelan didendangkan. Di antaranya Gending Roning Tawang, Lagu Aja Dipleroki, Lancaran Manyar Sewu, Lancaran Gugur Gunung, Lagu Gundul-Gundul Pacul, serta penampilan Tari Golek Kenya Tinembe khas Yogyakarta oleh Natalya Moryleva dari Sanggar Kirana Nusantara Dance KBRI Moskow.

Baca juga : Asyik, Akhir Pekan Ini Impactnation Japan Festival 2023 Kembali Digelar

Grup Gamelan Dadali diketuai Tri Koyo, staf KBRI Moskow, yang memegang instrumen kendang sebagai leader. Pada instrumen demung, dimainkan Ekaterina Makanina, bonang oleh Julia Ryzhaya, saron oleh Gleb Saharov, Anthoni Chicherin, Anastasia Khorina, Sofia Selikhova, dan Vidya Intoyo. Sedangkan instrumen slentem kenong dan gong dimainkan Daria Mikhaylova, Evgenia Potynskaya, dan Ekaterina Mednikova.

Grup Gamelan Dadali merupakan satu-satunya grup gamelan di Rusia yang dibina langsung KBRI di Moskow. Grup ini berdiri sejak 2017 dan telah banyak ikut mempromosikan budaya Indonesia di Rusia dan Belarus bersama KBRI Moskow.

Baca juga : Kapal Wisata Tenggelam Di Kawasan Taman Nasional Komodo

Penampilan Gamelan Dadali KBRI Moskow di Taman Kusminki merupakan undangan dari Eurasia Peoples’Assembly di acara Eurasian Music Festival 2023. Festival tersebut dibuka pada Minggu (30/7) oleh Elmira Scherbakova, Wakil Kepala Sekretarian Jenderal Eurasian People's Assambley. Hadir juga Kepala Bagian Dukungan Proyek Internasional, Departemen Hubungan Ekonomi Eksternal dan Kerja Sama Internasional kota Moskow Sergey Bondarenko.

Salah seorang penonton warga Rusia, Maria Mayakovskaya, terlihat sangat terkesan dengan alunan gamelan ini. “Sungguh hari yang luar biasa, karena aku menyaksikan orchestra luar biasa bernama gamelan dari Indonesia,” tulis Maria, dalam akun media sosialnya, seperti keterangan KBRI Moskow, yang diterima RM.id, Rabu (2/8).

Baca juga : Perbankan Punya Bekal Hadapi Tekanan Global

Begitu pula Maria Omelchenko, salah seorang pengelola Taman Kuzminki, berkomentar positif  atas penampilan Grup Dadali. “Saya senang sekali menyaksikan penampilan gamelan untuk pertama kali. Musiknya luar biasa, sangat meditatif," ujarnya.

Selain penampilan Gamelan Dadali KBRI Moskow, Eurasia Festival juga diikuti penampilan negara lain seperti India, Tajikistan, Spanyol, Prancis, serta dari negara atau bangsa di wilayah Kaukasus. Tidak ketinggalan juga penampilan dari grup folklore Rusia “Ladov Den” dari Kota Krasnoyarsk, grup musik tradisional Jepang “Koseki No Hana”, dan Solois Balalaika Mikhail Kandaurov.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.