Dark/Light Mode

Dihantui Topan Khanun

Korsel Pastikan Peserta Jambore Dunia Segera Tinggalkan Saemangeum

Senin, 7 Agustus 2023 15:49 WIB
Peserta Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, bersiap pulang lebih awal. (Foto: Yonhap)
Peserta Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, bersiap pulang lebih awal. (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM) memastikan peserta Jambore Pramuka Dunia ke-25 segera meninggalkan lokasi perkemahan di Saemangeum, wilayah barat daya Korea Selatan, menyusul ancaman topan Khanun.

Jambore Dunia yang dihelat sejak 1 Agustus dan dihadiri sedikitnya 43 ribu pramuka dan relawan dari 158 negara, sebetulnya dijadwalkan hingga Sabtu (12/8) mendatang.

"Kami telah menerima konfirmasi dari Pemerintah Republik Korea, terkait ancaman topan Khanun. Kami akan merencanakan keberangkatan awal (early departure) untuk semua peserta Jambore Pramuka Dunia ke-25 dari perkemahan di Saemangeum," demikian pernyataan resmi WOSM seperti dilansir Yonhap, Senin (7/8).

Baca juga : Semangat Kolaborasi Wujudkan Pemecahan Rekor Dunia Pergelaran Angklung

Terkait hal tersebut, WOSM mendesak pemerintah Korea untuk menyediakan semua sumber daya dan dukungan diperlukan. Sampai seluruh peserta Jambore Dunia kembali ke negara asalnya.

Ancaman topan Khanun ini datang, di tengah kondisi perkemahan Saemangeum membaik secara bertahap, usai diterpa gelombang panas yang membakar, kurangnya persiapan, dan penarikan beberapa kontingen Pramuka.

Yonhap menyebut, peserta Jambore Korsel diperkirakan akan meninggalkan Saemangeum secara berurutan, mulai sekitar Selasa (8/8) pagi.

Baca juga : Diterjang Panas Ekstrem Korsel, Kontingen Indonesia Di Jambore Dunia Tetap Solid

Beberapa kegiatan di luar perkemahan yang dijadwalkan pada Senin (7/8) sore, sepertinya akan dibatalkan.

Pemerintah Korsel, saat ini sedang mendiskusikan rencana darurat, mengenai kemungkinan relokasi penginapan Pramuka dan sisa acara ke Seoul dan daerah Ibu Kota sekitarnya.

Panitia penyelenggara Jambore juga dilaporkan bergerak untuk memindahkan semua peserta yang tersisa, ke asrama universitas dan fasilitas akomodasi skala besar lainnya di daerah yang berdekatan, atau kota dan provinsi lain.

Baca juga : Moeldoko Turun Gunung Sosialisasikan Pembangunan Bandara Bali Utara

Kemungkinan besar, konser K-pop untuk event Jambore Dunia yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Piala Dunia Jeonju pada Jumat (11/8), akan dipindahkan ke Seoul dan kota-kota lain.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.