Dark/Light Mode

Konser K-Pop Dan Penutupan Jambore Dunia Bakal Digelar Di Stadion Seoul

Selasa, 8 Agustus 2023 19:49 WIB
Stadion Seoul, akan menjadi lokasi penutupan Jambore Dunia ke-25 dan konser K-pop. (Foto: Yonhap)
Stadion Seoul, akan menjadi lokasi penutupan Jambore Dunia ke-25 dan konser K-pop. (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan (Korsel) memastikan, upacara penutupan Jambore Pramuka Dunia ke-25 yang akan dimeriahkan oleh konser K-pop, bakal digelar di Stadion Piala Dunia Seoul, Jumat (11/8) malam.

Informasi diumumkan secara resmi, setelah sekitar 36 ribu Pramuka muda dan sukarelawan dewasa dari 156 negara meninggalkan Saemangeum, area reklamasi pantai di Provinsi Jeolla Utara yang semula menjadi lokasi utama Jambore Dunia.

Kepindahan ini dilakukan, menyusul arahan pemerintah Korsel untuk mengantisipasi dampak Topan Khanun yang diramal singgah di Negeri Ginseng pada 9-10 Agustus 2023.

Mayoritas peserta, direlokasi ke wilayah metropolitan Seoul.

Pindah-Pindah

Baca juga : Angin Topan Diramal Datang, 39 Ribu Pramuka Jambore Dunia Di Korsel Dipindahkan

Konser K-pop yang merupakan highlight event budaya Korsel, sebelumnya dijadwalkan manggung di area perkemahan Saemangeum, Minggu (6/8).

Kemudian, tempat konser K-Pop dipindah ke Stadion Piala Dunia Jeonju, dengan waktu penyelenggaraan Jumat (11/8) malam.

Namun, pemerintah Korsel akhirnya memindahkan tempat konser K-pop ke Stadion Piala Dunia Seoul, menyusul ancaman Topan Khanun.

Keputusan itu dibuat dengan mempertimbangkan kedekatan Stadion Seoul dengan lokasi akomodasi baru peserta jambore, serta aspek keamanan dan keselamatan dalam menyelenggarakan event besar.

Baca juga : Korsel Pastikan Peserta Jambore Dunia Segera Tinggalkan Saemangeum

Stadion Piala Dunia Seoul, yang juga dikenal sebagai Stadion Sangam, memiliki kapasitas lebih dari 66 ribu tempat duduk. Stadion ini merupakan tempat utama penyelenggaraan pertandingan olahraga dan konser musik.

“Sangat disesalkan, kami tidak dapat menutup acara Jambore dengan konser K-pop di Stadion Piala Dunia Jeonju, karena ada perubahan jalur topan. Acara penutupan Jambore dengan konser K-pop, akan digelar di Sangam," kata Menteri Kebudayaan Park Bo-gyoon, seperti dilansir Yonhap, Selasa (8/8).

BTS 

Mengingat susunan acara belum diumumkan, kalangan industri musik menyarankan girl grup terkemuka NewJeans dan ITZY, untuk diikutsertakan.

Sementara kalangan politik memunculkan spekulasi, grup papan atas BTS dan Seventeen bakal manggung di acara penutupan Jambore Dunia.

Baca juga : Semangat Kolaborasi Wujudkan Pemecahan Rekor Dunia Pergelaran Angklung

Asal tahu saja, BTS yang total anggotanya berjumlah tujuh orang, ditinggal sementara oleh dua anggotanya: Jin dan J-Hope, yang kini sedang menjalani wajib militer. Sementara Suga, bersiap untuk mendaftar.

Seventeen dijadwalkan memulai tur dunia di Jepang, pada September mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.