Dark/Light Mode

Malam Ini, 19 Band K-pop Meriahkan Penutupan Jambore Pramuka Dunia Di Seoul

Jumat, 11 Agustus 2023 12:37 WIB
Para pekerja memasang panggung darurat untuk konser K-pop super live, dalam puncak Jambore Pramuka Dunia 2023, di Stadion Piala Dunia Seoul. (Foto: Yonhap)
Para pekerja memasang panggung darurat untuk konser K-pop super live, dalam puncak Jambore Pramuka Dunia 2023, di Stadion Piala Dunia Seoul. (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 40 ribu peserta Jambore Pramuka Dunia 2023 dari 156 negara dipastikan berkumpul di Stadion Piala Dunia Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (11/8) malam, untuk menghadiri upacara penutupan event bergengsi  yang dimeriahkan oleh penampilan 19 grup band K-pop.

Antara lain NewJeans, NCT Dream, ITZY, Mamamoo, The Boyz, Kang Daniel and fromis_9, Shownu X Hyungwon, Zerobaseone, Kwon Eun-bi, Jo Yuri, P1Harmony, KARD, The News Six, dan ATBO.

Konser K-pop super live berdurasi dua jam ini, akan dimulai pada pukul 7 malam, setelah upacara penutupan Jambore Pramuka Dunia yang diperkirakan memakan waktu 30 menit.

Konser istimewa ini yang akan dipandu aktor Gong Myoung, Yuna ITZY, dan Hyein NewJeans ini, bakal ditayangkan secara langsung oleh stasiun TV KBS dan kanal YouTube-nya.

Baca juga : Konser K-Pop Dan Penutupan Jambore Dunia Bakal Digelar Di Stadion Seoul

Stadion Piala Dunia Seoul yang memiliki kapasitas lebih dari 66 ribu, merupakan venue utama di Korsel untuk penyelenggaraan event olahraga dan konser musik.

Pindah-Pindah

Konser K-pop ini awalnya dijadwalkan manggung di bumi perkemahan Saemangeum, Provinsi Jeollabuk, yang merupakan lokasi awal Jambore Pramuka Dunia.

Di wilayah reklamasi itu, para peserta Jambore sempat merasakan cuaca panas. Pemerintah Korsel bergerak cepat merespons situasi ini, dengan mengerahkan cooling bus di banyak titik, truk penyemprot jalan, serta pengadaan air minum di setiap titik, plus es krim.

Seiring ancaman Topan Khanun yang singgah di Korsel pada 10-11 Agustus 2023, pemerintah Korsel memindahkan lokasi Jambore, dari Saemangeum ke Seoul dan sejumlah wilayah metropolitan lainnya.

Baca juga : Cuaca Ekstrem, Presiden Minta Kemenlu Pantau Peserta Jambore Dunia Di Korsel

Kontingen Indonesia, ditampung di Asrama Wonkwang University, Kota Iksan. Masih di Provinsi Jeollabuk.

Tempat penutupan Jambore Pramuka Dunia dan konser K-pop juga sempat diwacanakan pindah ke Stadion Piala Dunia Jeonju, yang dapat ditempuh dalam 1 jam berkendara dari Saemangeum. 

Hingga akhirnya, dipindah ke Stadion Seoul, tempat Korsel menyelenggarakan Piala Dunia 2002.

 

Baca juga : Korsel Pastikan Peserta Jambore Dunia Segera Tinggalkan Saemangeum

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.