Dark/Light Mode

Bentuk Satgas Kabut Asap, Singapura Tawarkan Bantuan Pada Indonesia

Kamis, 19 September 2019 11:53 WIB
Kabut asap selimuti Singapura. (Foto Net)
Kabut asap selimuti Singapura. (Foto Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Provinsi Riau, berdampak di kawasan ASEAN. Itu sangat meresahkan Singapura. Negeri Merlion itu telah menawarkan bantuan pada Indonesia untuk menangani masalah ini.

Dalam Facebook-nya, Kedutaan Singapura di Jakarta menyebut Kebakaran hutan di Indonesia dan kabut asap akibatnya telah mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia dan kawasan ASEAN. "Sangat disesalkan bahwa begitu banyak kehidupan dan mata pencaharian telah terkena dampak," pernyataan di FB.

Baca juga : Diprotes Pelaku Usaha, Sofyan Batalkan Pajak Progresif Pertanahan

Singapura menilai jumlah emisi karbon akibat kebakaran hutan akan menimbulkan kemunduran besar bagi perjuangan global melawan perubahan iklim. Disebutkan, kebakaran Indonesia pada 2015 telah menghasilkan hampir 1 gigaton karbon dioksida. Jumlah ini lebih dari setengah jumlah 1,5 gigaton yang dihemat dari meningkatnya penggunaan energi terbarukan secara global pada 2015.

"Kami telah menghubungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Kami telah menawarkan bantuan teknis pemadaman kebakaran ke Indonesia dan siap membantu jika diminta Pemerintah Indonesia, seperti yang kami lakukan pada 2015," pernyataan Singapura lagi.

Baca juga : Pertamina EP Tanggap Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

"Di Singapura, kami telah mengaktifkan Interagency Haze Task Force, dan 28 lembaga pemerintahan bekerja sama untuk memastikan bahwa kami menjaga kesejahteraan dan keselamatan masyarakat. Ini termasuk merawat kelompok rentan, seperti orang tua dan anak-anak," imbuhnya.

Satuan tugas (Satgas)kabut asap yang terdiri dari 28 lembaga pemerintah itu dipimpin Badan Lingkungan Nasional (NEA). Pembentukan satgas untuk meminimalisir dampak kabut asap serta mempersiapkan penanganan yang tepat dan berjenjang jika kondisi kabut asap memburuk. NEA menegaskan kesiapan serta kesanggupan untuk menangani kabut asap ini.

Baca juga : Garuda Batalkan 15 Penerbangan Rute Domestik

Lebih lanjut tentang tindakan yang telah dilakukan Singapura, dapat dilihat di https://www.nea.gov.sg/media/news/news/index/singapore-government-agencies-implement-measures-to-mitigate-impact-of-haze.

Singapura juga menghimbau kepada setiap orang untuk tetap memperhatikan dengan seksema saran-saran kesehatan dan berita terbaru tentang kualitas udara melalui situs www.nea.gov.sg, www.haze.gov.sg,www.weather.gov.sg. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.