Dark/Light Mode

Puan: Korban Rusuh Papua Dapat Bantuan Dari Kemensos

Sabtu, 14 September 2019 00:11 WIB
Menko Pembangunan Manusia Dan kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (Foto: ist)
Menko Pembangunan Manusia Dan kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, unjuk rasa yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa lalu telah mengakibatkan banyak kerusakan yang masyarakat secara luas. Karena itu, proses penanganan masalah seperti rusaknya sejumlah fasilitas seperti perkantoran dan seluruh fasilitas umum akan segera ditangani dengan baik.

"Tapi sebenarnya pemerintah sendiri telah melakukan upaya-upaya pemulihan. Inilah yang akan terus ditindaklanjuti agar masyarakat di Papua dan Papua Barat bisa kembali hidup seperti semula," kata Menko Puan dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) tentang Penanganan Pasca Kerusuhan Sosial di Papua dan Papua Barat di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (13/9).

Hadir dalam RTM kali ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mendikbud Muhadjir Effendi, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Yohana Yembisey, Kepala BNPB Doni Monardo, Mendagri Tjahjo Kumolo serta perwakilan TNI/Polri dan Kementerian/ Lembaga terkait.

Baca juga : Menhan Doakan Generasi Muda Papua Kelak Banyak Jadi Pemimpin

Menteri asal PDIP ini menjelaskan, dalam melakukan penanggulangan dan penanganannya pemerintah akan saling bersinergi agar pelaksanaannya bisa berjalan maksimal, dan sesuai harapan. Mengingat, kerusahan yang dipicu masalah rasisme tersebut sempat mengakibatkan sekitar 2.300 orang meninggalkan rumah dan mengungsi ke sejumlah wilayah. Seperti ke Lantamal X Jayapura, Pulau Kosong Jayapura dan Pelabuhan Jayapura.

"Seluruh pengungsi ini sekarang sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Kondisi keamanan di Kabupaten/Kota yang dilanda kerusuhan juga sudah kondusif. Tapi tetap saja, kita wajib memastikan bahwa kehidupan masyarakat di sana bisa kembali seperti sedia kala," ujarnya.

Pemerintah sendiri, lanjut dia, telah melakukan proses verifikasi dan validasi dampak pasca kerusuhan sosial itu. Salah satunya Kementerian Sosial (Kemensos) yang sudah memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat terdampak termasuk memberikan bantuan stimulan bagi unit UMKM.

Baca juga : Alhamdulillah, Seluruh Papua Barat Sudah Kondusif

"Pihak Kementerian PUPR juga telah melakukan pendataan kerusakan fasos dan fasum. Kemenkes memberikan pelayanan kesehatan bagi masayarakat terdampak. Kemendikbud, Kemenag dan Kemristekdikti juga melaksanakan program pemulihan bagi masyarakat terdampak," tuturnya. [DNU]

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.