Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warna-warni Nusantara Meriahkan Resepsi HUT RI di Madrid

Kamis, 19 September 2019 15:15 WIB
Dubes Hermono memberi pidato pembukaan resepsi HUT RI Ke-74 di Wisma Duta. (Foto KBRI Madrid)
Dubes Hermono memberi pidato pembukaan resepsi HUT RI Ke-74 di Wisma Duta. (Foto KBRI Madrid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keragaman budaya Nusantara ditampilkan Duta Besar Indonesia dan istri serta seluruh staf Kedutaan Besar Indonesia di Madrid, Spanyol saat resepsi Hari Kemerdekaan Indonesia, di Wisma Duta KBRI. Mereka menarik perhatian dengan berbusana tradisional Indonesia.

Duta Besar Hermono memilih pakaian adat Bali sebagai kostum. Para staf KBRI Madrid ada yang berpakaian tradisional dari Batak, Jawa, Makassar, Betawi, Palembang dan daerah lainnya bahkan pakaian Gatot Kaca.

Baca juga : Kombinasi Angklung dan Alphorn Pukau Penonton pada Resepsi HUT Ke-74 RI di Swiss

"Resepsi diplomatik tahun ini dimaksudkan untuk mempromosikan keragaman budaya Nusantara," terang Dubes Hermono dalam siaran pers pada RMco.id.

Acara dibuka dengan iringan musik dan Tarian Persembahan dari Bali oleh Cucuk Lampah. Dikuti pidato Dubes Hermono bersama Direktur Jenderal Amerika Utara, Eropa Timur, Asia dan Pasifim Kemlu Spanyol Ana María Sálomon Perez.

Baca juga : Kapitra Anggap Penolakan Revisi UU KPK Perbuatan Makar

Dubes Hermono menyebut tamu undangan dari berbagai kalangan dan diplomatik di Madrid mengapresiasi dan mengagumi keragaman budaya yang ditampilkan. Tidak hanya itu, semua makanan khas yang disajikan pun habis bahkan banyak undangan yang tidak segera beranjak meskipun malam sudah mulai larut.

Para tamu  menikmati berbagai makanan khas Indonesia antara lain sate ayam, nasi Bali, siomay dan pecel pincuk, makanan ringan seperti getuk, onde-onde, lapis Surabaya dan lapis legit sambil menyaksikan tayangan video promosi pariwisata melalui layar LED. Hadirin juga dihibur iringan gamelan Jawa yang dimainkan warga Indonesia dan Spanyol antara lain memainkan tembang Gangsaran, Gugur Gunung, Sluku-Sluku Batok, Manyar Sewu, Kebo Giro dan Edan Mas.

Baca juga : Tenun Nusantara dan Tari Yogyakarta Meriahkan Resepsi Diplomatik

Sebagian hadirin juga nampak mengajak foto bersama para staf mengenakan baju tradisional dengan latar belakang batik maupun lukisan pahat yang ada di Wisma Duta.

Resepsi Diplomatik kali ini terasa berbeda karena dihadiri rombongan Din Syamsuddin, Haedar Nashir dan Abdul Mukti dari PP Muhammadiyah yang sedang menghadiri Conference of Community of Sant Egidio yang diadakan di Madrid. [DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.