Dark/Light Mode

Upacara Dan Peringatan HUT RI Di Swedia Dihadiri Sesepuh Dan Tokoh Masyarakat

Kamis, 17 Agustus 2023 22:34 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Kamapradipta Isnomo menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibra KBRI Stockholm untuk dikibarkan dalam upacara Hari Kemerdekaa 17 Agustus 2023. (Foto Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Stockholm)
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Kamapradipta Isnomo menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibra KBRI Stockholm untuk dikibarkan dalam upacara Hari Kemerdekaa 17 Agustus 2023. (Foto Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sang Saka Merah Putih kembali berkibar di Wisma Duta KBRI Stockholm, Swedia, dalam upacara peringatan HUT RI yang ke-78 yang berlangsung hikmad pada 17 Agustus 2023.

Upacara pengibaran bendera dihadiri para sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia yang berdomisili di Stockholm dan sekitarnya. Cuaca yang cerah turut mendukung kelancaran prosesi pengibaran bendera yang dilakukan pasukan pengibar bendera yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa Indonesia. Mereka adalah Alaia Helvetia A.I, Muhammad Althaf D.N, dan Muhammad Raihan Fuad.

Pada kesempatan upacara bendera tersebut, juga dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya pengabdian 20 tahun kepada salah satu staf KBRI Stockholm, Gita L. Murti.

Baca juga : KBRI Seoul Gelar Upacara Peringatan HUT RI, Dubes Sulis Jadi Inspektur

Dalam amanat Pembina upacara, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swedia dan Latvia Kamapradipta Isnomo menyampaikan berbagai capaian yang telah dihasilkan dalam hubungan bilateral Indonesia dan Swedia.

Dubes Kama, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan peningkatan nilai perdagangan yang melebihi jumlah pada masa pre-pandemi yakni 873,7 juta dolar AS pada 2022. Sementara per Mei 2023 mencapai 426,3 juta dolar AS yang meningkat sebesar 24,69% dibanding dengan periode yang sama pada 2022.

Pada kesempatan ini, Dubes RI di Stockholm itu mengajak WNI di dan diaspora Indonesia di Swedia serta Latvia untuk terus menjaga hubungan erat dan saling mendukung satu sama lain.

Baca juga : Ganjar Creativity Meriahkan HUT RI Ke 78 Dengan Mengadakan Lomba Mirip Ganjar

Dubes Kamapradipta juga mendorong masyarakat Indonesia di Swedia untuk turut ambil peran dalam mempromosikan budaya dan nilai-nilai positif Indonesia kepada masyarakat di tempat tinggal masing-masing sehingga dapat membangun jembatan persahabatan dan kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Swedia.

Sesuai tradisi, upacara pengibaran bendera peringatan HUT RI diakhiri dengan pemotongan dan pemberian tumpeng kepada para sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia di Swedia.

Tahun ini pemberian tumpeng diberikan Dubes Indonesia untu Swedia dan ibu Fifi Isnomo kepada Judo Kusumowidagdo dan Sri Agoes sebagai simbol penghargaan dan panutan masyarakat Indonesia di Swedia.

Baca juga : Warga Bekasi Ramaikan HUT RI Dengan Pawai Sepeda Hias

Upacara diakhiri dengan ramah tamah dan silaturahmi masyarakat sembari menikmati hidangan khas Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.