Dark/Light Mode

Tur Jokowi Di Afrika Berlanjut Ke Mozambik, Begini Sambutannya

Rabu, 23 Agustus 2023 17:41 WIB
Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Internasional Maputo, Republik Mozambik, Selasa (22/8) sore waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Internasional Maputo, Republik Mozambik, Selasa (22/8) sore waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menjalani serangkaian kunjungan di Benua Afrika, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Maputo, Republik Mozambik, pada Selasa (22/8).

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Jokowi tiba di Bandara Internasional Maputo pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB. 

Baca juga : Kunjungi Afrika, Jokowi Ingin Suara Negara Berkembang Makin Didengar

Di bawah tangga pesawat, Jokowi disambut hangat oleh Menteri Sumber Daya Mineral Mozambik Carlos Joaquim Zacarias dan State Secretary Maputo Manuel Vicente. Dua anak kecil memberikan karangan bunga tangan kepada Presiden.

Lalu Jokowi melintasi barisan kehormatan. Tampak juga Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat bersama istri serta Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin di ujung barisan.

Baca juga : Presiden Jokowi Dukung Pertamina Kembangkan Potensi Bisnis Di Kenya

Sejumlah pejabat Mozambik juga datang langsung menyambut Jokowi, diantaranya Wakil Menteri Luar Negeri Mozambik Manuel Jose Goncalves, Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate, dan Gubernur Provinsi Maputo Iolanda Cintura.

Dari bandara, Jokowi dan rombongan bergegas menuju hotel tempat menginap selama di Mozambik. Di sana, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Koordinator Fungsi Politik, Penerangan, dan Sosial Budaya/Kepala Kanselerai KBRI Maputo Budi Santoso, serta sejumlah warga Indonesia di Mozambik dengan riang mengucapkan selamat datang dengan iringan alunan angklung.

Baca juga : Ikut Jokowi Ke Afrika, Pertamina Kerja Sama Dengan Perusahaan Energi Kenya

Sebelumnya, Jokowi lepas landas dari Bandara Internasional Julius Nyerere, Dar Es Salaam, Republik Persatuan Tanzania, pukul 15.00 waktu setempat atau 19.00 WIB. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut mendampingi Jokowi dalam perjalanan menuju Maputo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.