Dark/Light Mode

HUT Ke-78 RI, Kejagung Komit Kawal Pembangunan Untuk Indonesia Maju

Kamis, 17 Agustus 2023 12:17 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Foto: Puspenkum Kejagung)
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Foto: Puspenkum Kejagung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Kejaksaan Agung (Kejagung) terus berupaya mengawal pembangunan di berbagai sektor strategis nasional.

"Dengan mengawal dan mengasistensi sejak dini, tentu akan menghindari penyimpangan sehingga memastikan proyek strategis nasional dapat berjalan tepat mutu, tepat waktu dan tepat manfaat serta tujuan," ungkap Jaksa Agung ST Burhanuddin, dalam keterangan persnya, Kamis (17/8).

Jaksa Agung mengatakan, dengan berbagai kewenangan yang dimiliki, pihaknya senantiasa melakukan penindakan perkara-perkara big fish, atau perkara-perkara besar yang berpotensi merugikan kerugian dan perekonomian negara dengan jumlah triliunan rupiah.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, KPK Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Perjuangan Antikorupsi

Menurutnya, penindakan tersebut tidak hanya untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku. 

Namun juga, menyetop proses peredaran virus korupsi yang selama ini menggerogoti pembangunan nasional yang masif di seluruh Indonesia.

Jaksa Agung mengaku sangat fokus terhadap penegakan hukum yang terkait dengan hajat hidup orang banyak, yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, BNPT: Nilai Pancasila Pedoman Menyongsong Indonesia Emas

"Terutama pada sektor-sektor pelayanan publik, sektor penerimaan keuangan negara, serta program-program strategis nasional terkait dengan sosial kemasyarakatan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Burhanuddin berpesan kepada jajarannya agar di tahun politik ini seluruh Insan Adhyaksa tetap menjaga netralitas, dan memetakan potensi konflik seperti ancaman, gangguan, hambatan, tantangan terkait pelaksanaan pesta demokrasi.

Selain itu, dia juga berharap jajarannya lebih berperan dalam mensukseskan pesta demokrasi di Indonesia dengan mengoptimalkan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Pos Pemilu di seluruh Indonesia.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, Jhonlin Group Gelar Balap Sepeda Berhadiah Rp 2 Miliar

"Kita hanya bisa berhiktiar semoga apa yang kita lakukan paling tidak dapat berperan untuk kemajuan Indonesia melalui pemberantasan korupsi,” pungkas Burhanuddin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.