Dark/Light Mode

Dubes Australia Penny Williams Kagum Kolaborasi Balet Australia Dan Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 06:30 WIB
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams ketiga kiri belakang bersama para penari yang tampil di Jiexpo Theatre, Jakarta, Minggu, 13 Agustus 2023. (Dok Kedubes Australia)
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams ketiga kiri belakang bersama para penari yang tampil di Jiexpo Theatre, Jakarta, Minggu, 13 Agustus 2023. (Dok Kedubes Australia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aula utama Jiexpo Theatre bergemuruh tepuk tangan hadirin yang menyaksikan penampilan para penari dari West Australian Ballet (WAB), Minggu (13/8). Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams mengaku bangga dapat mendukung kolaborasi antara WAB dan Ballet.id.

Penampilan WAB ini merupakan bagian dari Gala Balet Indonesia ke-3 Ballet.id. Kolaborasi ini, menurut Williams, merupakan contoh hubungan yang berkembang antara industri kreatif Australia dan Indonesia.

Baca juga : Luhut: Elon Musk Minat Kerja Sama Jaringan Internet Murah Di Indonesia Timur

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat sejumlah lokakarya dan program pertukaran penari, koreografer dan pengurus dari Australia dan Indonesia,” ujar Dubes Williams dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/8).

Dia takjub dengan penampilan Balet Jawa yang dibawakan penari lintas budaya Australia dan Indonesia.

Baca juga : Sekolah Indonesia Dan Australia Bersinergi

“Bagus sekali. Luar biasa. Ini adalah perpaduan kebudayaan yang sangat spektakuler,” puji Williams.

Penari utama WAB, Chihiro Nomura dan Gakuro Matsui serta penyanyi solo, Nikki Blain memukau penonton Indonesia dengan penampilannya bersama para seniman balet Indonesia dan internasional.

Baca juga : Sekjen KLHK Bangun Kolaborasi Kebijakan FOLU Dan Pengelolaan Mangrove

Balet Jawa dikembangkan selama program pertukaran penari virtual selama enam minggu yang difasilitasi WAB pada 2021. Para penari balet Australia dan Indonesia mengatasi kendala perjalanan akibat pandemi Covid-19, bekerja sama secara daring untuk menciptakan gaya gerakan yang menggabungkan balet dan tarian Jawa.

WAB telah berkolaborasi dengan Ballet.id sejak 2015, dalam Gala Balet Indonesia Pertama. Keduanya juga tampil bersama sebagai bagian dari tur WAB di Jakarta pada 2016 dan 2019. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.