Dark/Light Mode

Dubes Okto Dorinus Manik, Gelar Pentas Budaya Dan Pasar Malam Di Dili

Selasa, 29 Agustus 2023 07:19 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Darinus Manik (keempat kiri) bersama Presiden Ramos Horta (tengah) dan PM Xanana Gusmao (keempat kanan) berfoto bersama para artis pendukung acara pentas budaya dan pasar malam, di Dili, Timor Leste, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Dili)
Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Darinus Manik (keempat kiri) bersama Presiden Ramos Horta (tengah) dan PM Xanana Gusmao (keempat kanan) berfoto bersama para artis pendukung acara pentas budaya dan pasar malam, di Dili, Timor Leste, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Dili)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Timor Leste (Timles) masih bisa dirasakan hingga akhir Agustus ini. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili mengadakan Indonesian Cultural Performance and Night Market di Timor Plaza, Dili, Sabtu (26/8).

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Timles Okto Dorinus Manik mengatakan, acara ini merupakan wujud kedekatan hubungan kedua negara. Pasalnya, acara ini juga diadakan untuk merayakan hubungan Indonesia-Timles.

Baca juga : NU Dan Konbes Akan Gelar Munas Bahas Masalah Bangsa

“Acara ini bentuk komitmen untuk memelihara dan terus memperkuat hubungan kedua negara. Ke depan, kerja sama bilateral yang telah terjalin baik di antara kedua negara dapat terus ditingkatkan,” ujar Dubes Okto dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Pentas budaya dan pasar malam itu makin meriah dengan kehadiran Perdana Menteri (PM) Timles Xanana Gusmao, Presiden Timles Jose Ramos Horta dan sejumlah menteri negara tersebut serta para diplomat, hingga perwakilan organisasi organisasi internasional.

Baca juga : LDK Muhammadiyah Gelar Rakornas, Haedar Ungkap Dasar Perubahan Nama

Beragam seni budaya Indonesia ditampilkan pada acara itu, seperti tari Bali Puspa Wresti, tari Batak Tor-Tor Horbo Paung, tarian suku Dayak Manasai, pertunjukan angklung, medley tari dan lagu dari komunitas masyarakat Indonesia asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Flobamora, serta pantomim. Ada juga peragaan busana dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Dili dan pagelaran tari Tebe Ain Katar oleh Pemerintah Kabupaten Malaka, NTT.

Acara itu juga diramaikan 60 stan dagang Indonesia yang menjual aneka kuliner, busana dan beragam produk lainnya. Sejumlah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Indonesia di Timor Leste ikut memeriahkan acara tersebut, seperti PT Waskita Karya, Pertamina International Timor, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan Telkomsel.

Baca juga : BNI Gelar Program Pencegahan Dan Pengentasan Stunting Balita

Puncak acara dimeriahkan penampilan duet penyanyi asal Maluku, Toton Caribo dan Justy Aldrin, yang terkenal di kalangan masyarakat Timles. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.