Dark/Light Mode

Sekretariat ASEAN Ganti Nama Jadi Markas Besar

Selasa, 5 September 2023 21:07 WIB
Gedung Sekretariat ASEAN. (Foto PUPR)
Gedung Sekretariat ASEAN. (Foto PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan pleno para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, Selasa (5/9). Salah satunya, terkait kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta yang akan diubah namanya menjadi Markas Besar.

Seperti diketahui, sejak pertama kali ASEAN berdiri, kantor organisasi tersebut berada di Jakarta. Sejak 1976, gedung tersebut diberi nama sebagai Sekretariat. Namun, di masa depan namanya akan berubah. 

Baca juga : Sah, Benjamin Pavard Dicaplok Ular Besar

"Para pemimpin ASEAN bersepakatat bahwa Sekretariat ASEAN akan diperkuat. Sejalan dengan hal tersebut, para para Pemimpin ASEAN memutuskan untuk mengubah nama Sekretariat ASEAN menjadi Markas Besar ASEAN atau ASEAN Headquarters," jelas Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi.

 Menurutnya, hal itu sejalan dengan Visi Masyarakat ASEAN 2045 yang sudah di-endorsed sebelumnya oleh para Menlu ASEAN.

Baca juga : Menteri Energi ASEAN Sepakati Pernyataan Bersama Pada AMEM-41

“Selain itu, para pemimpin juga mencatat Rules of Procedure Mekanisme Pengambilan Keputusan yang juga telah disahkan para Menlu ASEAN,” terangnya.

Gedung Sekretariat ASEAN diresmikan Presiden ke-2, Soeharto, pada 9 Mei 1981. Pertimbangan pemilihan Jakarta sebagai kantor Sekretariat ASEAN di antaranya, adalah adanya konsensus di antara negara-negara pendiri ASEAN, bahwa Indonesia merupakan negara terbesar serta berpengaruh di Asia Tenggara.

Baca juga : Celana Di Marketplace Cuma Dua Ribu Perak

Pendiri ASEAN juga mempertimbangkan kestabilan politik dan keamanan serta geografis Indonesia, yang merupakan negara kepulauan di antara negara-negara ASEAN lainnya. Dari segi ekonomi, Jakarta juga merupakan kota yang strategis dan memenuhi syarat sebagai Ibu Kota diplomatik ASEAN yang memiliki berbagai fasilitas dengan standar pelayanan internasional.

Adapun susunan jabatan di Sekretariat ASEAN saat ini adalah, Sekretaris Jenderal, Wakil Sekretaris Jenderal, Tiga Direktur Biro, Pejabat Perdagangan Luar Negeri dan Hubungan Ekonomi, Pejabat Administrasi, Pejabat Penerangan Publik, Asisten Sekretaris Jenderal dan Sembilan Asisten Direktur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.