Dark/Light Mode

Bakal Ngantor di Papua

Kiai Ma’ruf Ngegas di Akhir Masa Tugas

Senin, 21 Agustus 2023 08:36 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang akhir masa jabatan, Wapres KH Ma’ruf Amin kerja ngegas. Kiai Ma’ruf sekarang sering turun ke lapangan. Yang terbaru, mantan Rais Aam PBNU ini akan berkantor di Papua selama sepekan.

Rencananya, Kiai Ma'ruf berkantor di Papua dimulai 4 September mendatang. Di Bumi Cenderawasih itu, Kiai Ma’ruf akan ditemani Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi menerangkan, rencana itu muncul setelah Kiai Ma’ruf rapat dengan Menko PMK Muhadjir Effendy, Jumat (18/8). Dalam rapat itu, Muhadjir melaporkan beberapa hal penting kepada Kiai Ma’ruf terkait hasil kunjungannya ke Papua.

Baca juga : Si Merah Berakhir Manis

“Kebetulan, Wapres Ma'ruf berencana berkunjung kembali ke Papua pada 4 September. Rencananya akan berkantor di sana dengan sejumlah menteri," ucap Cak Duki, sapaan akrab Masduki Baidlowi, kemarin.

Selama di Papua, lanjutnya, Kiai Ma'ruf akan mengunjungi sejumlah lokasi. Hal ini sebagai tindak lanjut kunjungan Kiai Ma'ruf sebelumnya ke Papua.

Cak Duki mengakui, dalam kunjungan Ma'ruf sebelumnya, sejumlah persoalan di Papua belum selesai. Dalam kunjungan nanti, Kiai Ma'ruf ingin semuanya beres. Maka, dalam kunjungan nanti, Kiai Ma’ruf akan menggelar sejumlah rapat dan mendengar aspirasi para Pj Gubernur dan Bupati di Papua.

Baca juga : Kelaparan Di Papua Diurus Wapres

Deputi Sekretariat Wakil Presiden Bidang Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Velix Wanggai menyebut, Kiai Ma'ruf dan para pejabat akan mencari solusi terkait kesejahteraan dan keamanan di Papua. "Pak Wapres juga dijadwalkan bakal berkunjung ke Biak terkait penanganan sanitasi dan persiapan Sail Teluk Cenderawasih," ujar Velix.

Sebelum rencana berkantor ke Papua, Kiai Ma’ruf juga sudah banyak melakukan aktivitas di lapangan. Pada 15 Juli lalu, mantan Ketua Umum MUI ini meresmikan lima proyek strategis di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Lalu, pada 6 Juli 2023, Kiai Ma’ruf berkunjung ke Sumatera Selatan untuk membuka acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 di Banyuasin.

Kemudian, di Agustus kemarin, Kiai Ma’ruf bertolak ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara untuk meresmikan dimulainya pembangunan rumah susun (rusun) untuk santri di Pondok Pesantren (Ponpes) As’adiyah, di Pulau Sebatik. Di sana, Wapres Ma'ruf juga menyambangi Satuan Tugas Marinir Pengamanan (Satgasmar PAM) Ambalat XXIX di Pos Kotis Dusun Elo, Desa Tanjung Aru, Sebatik Timur.

Baca juga : Sambangi Kantor DPC PPP Temanggung, Mardiono Ajak Diskusi Kader Secara Langsung

Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan memuji langkah Kiai Ma’ruf yang saat ini ngegas dalam kerja. Kata dia, langkah Kiai Ma’ruf ini menunjukkan bahwa posisi Wapres bukan ban serep.

Soal berkantor di Papua, Kacung menyatakan, salah satu fokus Kiai Ma’ruf adalah percepatan pembangunan di bumi mutiara hitam tersebut. "Nah, sementara ini progresnya kan belum menggembirakan. Jadi, bisa dipahami kalau Wapres memberi perhatian lebih serius di Papua," ucap Kacung, kemarin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.