Dark/Light Mode

Jelang 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Resepsi HUT RI di Beijing Tunjukkan Eratnya Persahabatan Kedua Negara

Selasa, 24 September 2019 10:06 WIB
Duta Besar RI untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun, (mengambil tumpeng), Wakil Menteri Luar Negeri China, Yang Luo Zhaohui (tengah) dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Duta Besar Desra Percaya dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Beijing. (Foto KBRI China)
Duta Besar RI untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun, (mengambil tumpeng), Wakil Menteri Luar Negeri China, Yang Luo Zhaohui (tengah) dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Duta Besar Desra Percaya dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Beijing. (Foto KBRI China)

RM.id  Rakyat Merdeka - Resepsi Diplomatik HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Beijing, China, pada malam 18 September 2019 berlangsung meriah. Lebih dari 600 undangan memadati areal Imperium Ballroom Hotel Four Seasons. Para tamu terdiri dari para duta besar dan korps diplomatik negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah China hingga mahasiswa Indonesia.

Dalam keterangan pers yang diterima RMco.id, hadir sebagai tamu kehormatan pada resepsi diplomatik kali ini Wakil Menteri Luar Negeri China Yang Luo Zhaohui dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Duta Besar Desra Percaya, serta Kepala Kantor Kerja Sama Militer Internasional, Kementerian Pertahanan China Mayor Jenderal Xu Hongding Perwakilan dari Kementerian Pariwisata.

Resepsi malam itu mempertontonkan eratnya hubungan kedua negara yang saling menguntungkan.

Baca juga : Indonesia Suguhkan Kolaborasi Tari Sufi dan Tari Saman

"Tahun 2020 mendatang, Indonesia dan China memasuki 70 tahun hubungan diplomatik. Eratnya kemitraan dan persahabatan yang saling menguntungkan antara kedua negara adalah landasan yang kuat untuk semakin merekat persahabatan Indonesia-China," kata Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia yang berkedudukan di Beijing, pada resepsi malam itu.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Wonderful Indonesia dan mempertunjukan keragaman dan kekayaan khasanah budaya Nusantara dan kelezatan kulinernya. Alunan musik tradisional memenuhi area foyer Imperium Ballroom Hotel Four Season Beijing yang dihiasi kain-kain Nusantara indah, lukisan karya Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun serta display produk Indonesia menyambut para tamu undangan.

Tari Oryelalela dari Tanimbar, Maluku persembahan tim kesenian Indonesia menjadi tarian pengiring tamu kehormatan sekaligus pembuka acara yang memukau para hadirin. Demikian pula tari persembahan mahasiswa Indonesia di Beijing serta alunan lagu-lagu Indonesia yang dinyanyikan Dharma Oratmangun berhasil memikat para undangan yang hadir. Yang juga mendapat tepuk tangan hadirin adalah saat Paduan Suara Mahasiswa Indonesia di Beijing menyanyikan Lagu Kebangsaan kedua negara secara acapela.

Baca juga : Makin Erat, Hubungan RI-Timor Leste di Bidang Perdagangan dan Pembangunan Infrastruktur

Menjelang berakhirnya acara, tari Gemu Famire dan Tobelo mengajak para tamu untuk ikut bergoyang mengikuti irama yang ceria. Produk-produk Indonesia yang telah memasuki pasar China antara lain produk kopi dan makanan ringan menjadi buah tangan para tamu undangan yang hadir.

Pagi harinya, telah diselenggarakan kegiatan Business Forum bertema “Doing Business with Wonderful Indonesia”

China merupakan salah satu mitra strategis utama dan tahun ini kemitraan tersebut telah memasuki usia enam tahun. Peningkatan kerja sama dua arah di bidang perdagangan, investasi dan wisatawan menjadi bukti eratnya kemitraan Indonesia – China. Tercatat nilai perdagangan dua arah pada tahun 2018, mencapai 72,67 miliar dolar Amerika yang merupakan angka tertinggi sejak tahun 2012. Investasi China ke Indonesia mencapai 2,4 miliar dolar dan jumlah turis China ke Indonesia mencapai 2,14 juta orang. 

Baca juga : Jelang 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Kerja Sama Bilateral RI-Denmark Semakin Meningkat

Penguatan kemitraan juga tercermin dari ditandatanganinya MoU on Jointly Promoting Cooperation within the Framework of the Global Maritime Fulcrum Vision and the Belt and Road Initiative pada Oktober 2018. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.