Dark/Light Mode

Pertunjukan Budaya di Indonesian Cultural Night 2023 Pukau Warga Thailand

Senin, 18 September 2023 17:50 WIB
Pementasan Malam Kebudayaan Indonesia yang dilaksanakan KBRI Bangkok berlangsung meriah di Gedung Pic-Ganesha Theater, Siam Square One Bangkok, Minggu (17/9).  (Foto: Dok. KBRI Bangkok)
Pementasan Malam Kebudayaan Indonesia yang dilaksanakan KBRI Bangkok berlangsung meriah di Gedung Pic-Ganesha Theater, Siam Square One Bangkok, Minggu (17/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Indonesia di Bangkok baru saja sukses menyelenggarakan Indonesian Cultural Night di Ganesha Theatre, Bangkok, Minggu (17/9).

Acara ini memperkenalkan keragaman budaya Indonesia di sektor musik. Event ini juga menampilkan kolaborasi musik Indonesia dan Thailand lewat penampilan dua lagu yang dibawakan The Ambassador and His Gang Band.

Band tersebut beranggotakan Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman dan pegawai KBRI Bangkok Sari Suharyo sebagai penyanyi, serta mahasiswa Chulalongkorn University sebagai pengiring lagu.

 

Gelaran Indonesian Cultural Night 2023 di Ganesha Teater Bangkok, Minggu (17/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

 

Dua lagu yang dibawakan yaitu Tapisah 2, yang merupakan lagu dari Maluku, serta lagu yang diciptakan oleh mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyajed, berjudul ‘Yarm Yen’. Secara harfiah, ‘Yarm Yen’ berarti ‘in the evening’ atau 'Di Saat Malam'. Tapi lagu ini lebih dikenal dengan judul ‘Love at Sundown’.

Baca juga : Ngobeng Lauk Dari Ganjar Sejati Jadi Ajang Silaturahmi Warga Tasikmalaya

Lagu ini diciptakan pada 1946, bertepatan dengan tahun pertama mendiang Raja Bhumibol Adulyajed bertakhta. Lagu bercerita tentang suasana indah dan romantis saat matahari tenggelam di pantai, yang dinikmati oleh sepasang kekasih.

Saat dirilis pertama kali, ‘Love at Sundown’ langsung mencetak hits dan digemari masyarakat luas.

Lagu tersebut semakin populer saat dijadikan sebagai soundtrack sebuah film Thailand berjudul ‘The Gift from the Sky”, yang tayang di Netflix pada 2016.

Alunan musik dari mahasiswa Chulalongkorn University juga menambah kemegahan penampilan.

 

Penonton dibawa kembali untuk mengenang mendiang Sang Raja yang sangat dicintai rakyatnya.

Baca juga : KBRI Bangkok Kuatkan P-to-P Melalui Pertukaran Budaya Indonesia-Thailand

Kolaborasi musik Indonesia-Thailand tersebut seolah menegaskan bahwa legacy dan maha karya mendiang Raja Bhumibol Adulyajed sebagai sosok pemersatu sekaligus pecinta musik akan tetap abadi sepanjang masa.

Mendiang Raja Bhumibol Adulyajed dikenal sebagai figur pemersatu bangsa, juga terkenal sebagai sosok yang sangat berbakat di bidang musik.

Raja yang bertakhta pada 1946-2016 dikenang dalam Indonesian Cultural Night. Acara Indonesian Cultural Night bertujuan untuk lebih meningkatkan pemahaman publik Thailand mengenai kekayaan budaya Indonesia.

Dalam sambutannya, Dubes Rachmat menyampaikan bahwa kegiatan diharapkan dapat memperkuat people-to-people contact antara Indonesia dengan Thailand dan warga negara asing lainnya, sekaligus menciptakan peluang kerja sama antara warga kedua negara.

Acara dihadiri sejumlah tamu kehormatan seperti Ketua Parlemen Thailand Wan Muhamad Noor Matha dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Pagelaran ini juga dihadiri kalangan pejabat pemerintahan, korps diplomatik, pecinta seni, media dan masyarakat umum.

Baca juga : Musik Angklung Menggema Di Gedung Musik Tertua Di Italia

Selain kolaborasi musik, ada pula pertunjukan tari berjudul ‘Rasa Sayange’ oleh Sekolah Indonesia di Bangkok, Tari ‘Bambangan Cakil’ oleh Darwanto (seorang Pegawai Setempat KBRI Bangkok) dan Oky Bima Reza Afrita (seorang diaspora Indonesia di Bangkok), Tari Mutiara Nusantara oleh Universitas Negeri Yogyakarta, Tari Citrolangenan oleh Universitas Negeri Surabaya, dan Tari Ratoh Jaroe oleh Universitas Islam Indonesia.

 

 

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Bandung membawakan dua penampilan, yaitu Tari Jaipong dan Rampak Kendang. Acara ditutup dengan meriah oleh seni tari Reog Ponorogo, yang dibawakan Universitas Brawijaya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.