Dark/Light Mode

Meriahkan Indonesian Cultural Night

Musik Angklung Menggema Di Gedung Musik Tertua Di Italia

Jumat, 8 September 2023 20:16 WIB
Gemuruh suara angklung membahana di dalam gedung musik bersejarah dan tertua di Italia, Scarlatti Hall, Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, Italia pada acara Indonesian Cultural Night, Kamis (7/9). (Foto: Ist)
Gemuruh suara angklung membahana di dalam gedung musik bersejarah dan tertua di Italia, Scarlatti Hall, Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, Italia pada acara Indonesian Cultural Night, Kamis (7/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gemuruh suara angklung membahana di dalam gedung musik bersejarah dan tertua di Italia, Scarlatti Hall, Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, Italia pada acara Indonesian Cultural Night, Kamis (7/9).

Permainan angklung menjadi salah satu primadona di acara kolaborasi antara KBRI Roma dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Napoli, The Italian Institute Middle East and East Studies (ISMEO), Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, dan University of Naples L’Orientale.

Baca juga : Dibalut Budaya Indonesia, BATIC 2023 Siap Digelar Besok Di Nusa Dua Bali

Indonesian Cultural Night ini menampilkan pertunjukkan seni musik dan tari Indonesia persembahan grup seni Gita Swara Nassa Angklung.

"Diplomasi seni budaya Indonesia yang secara konsisten dilakukan oleh KBRI Roma bukan saja merupakan komitmen untuk melestarikan instrumen angklung, namun juga sebagai bentuk pengenalan dan interaksi budaya antara Indonesia dan Italia," kata Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus dalam keterangannya, Jumat (8/9).

Baca juga : Kab Muba Pelopor Tenaga Pemanen Bersertifikasi BNSP

Gita Swara Nassa Angklung merupakan kelompok seni musik berbakat dari Nassa School di Bekasi beranggotakan 46 siswa-siswi untuk tingkat SD, SMP, SMA hingga alumni sekolah yang menjadi pemain angklung, pengiring musik dan penari. 

Kelompok seni musik angklung ini memiliki misi untuk melestarikan angklung dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia. Penampilan Nassa School di kota Napoli merupakan puncak dari misi kebudayaan Nassa School tahun 2023 di Italia. Indonesia dan Italia tahun depan akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara. 

Baca juga : Prudential Indonesia Komit Dukung SDM Unggul dan Ketahanan Finansial

KUAI KBRI Roma menambahkan bahwa dalam bermain angklung terkandung nilai-nilai penting seperti saling menghormati, gotong royong dan kerja sama. Hal tersebut terefleksi dengan penampilan malam ini dimana terdapat baik lagu-lagu tradisional Indonesia maupun barat. Indonesian Cultural Night ini dihadiri oleh sekitar 200 lebih tamu undangan yang memadati Hall Music Utama gedung bersejarah tersebut.

Para tamu undangan terdiri dari kalangan korps diplomatik, pejabat Pemerintah Kota Napoli, akademisi, media, diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia. Kegiatan ini ini dimanfaatkan juga oleh KBRI Roma untuk melakukan diplomasi kuliner berupa promosi sejumlah penganan dan makanan khas Indonesia, yaitu lemper ayam, dadar gulung, klepon, panada, sate ayam dan onde-onde dan kopi serta teh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.