Dark/Light Mode

Rayakan Tahun Baru Yahudi, 300 Warga Israel Bikin Rusuh Di Masjid Al-Aqsa

Selasa, 19 September 2023 05:45 WIB
Para jemaah Yahudi mengunjungi Temple Mount di Yerusalem, Israel, pada hari Minggu 17/9/2023 sebagai bagian dari perayaan Rosh Hashanah. (Foto Jamal Awad/Flash90)
Para jemaah Yahudi mengunjungi Temple Mount di Yerusalem, Israel, pada hari Minggu 17/9/2023 sebagai bagian dari perayaan Rosh Hashanah. (Foto Jamal Awad/Flash90)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 300 warga Israel memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Minggu (17/9), untuk merayakan Tahun Baru Yahudi. Mereka masuk beramai-ramai, didampingi pasukan Israel. Akibatnya, bentrokan pun terjadi karena pasukan Israel menghadang warga Palestina yang berupaya mengusir warga Israel itu.

Warga Israel merayakan liburan Rosh Hashanah (Tahun Baru Yahudi) pada 15-17 September tahun ini. Mereka juga akan memperingati Hari Raya Sukkot pada akhir September dan Hari Raya Simhat Torah pada 6 Oktober.

Baca juga : Sapa Warga Bandung, Cak Imin Khutbah Jumat Di Masjid Al Fathu

Kerusuhan terjadi saat pasukan Israel menyerang jemaah Palestina di Bab as-Silsila, salah satu pintu masuk utama situs paling suci ketiga di agama Islam tersebut. Dikutip dari Aljazeera kemarin, pasukan Israel menerapkan pengamanan lebih ketat bagi warga Palestina di Masjid Al-Aqsa, saat peringatan Rosh Hashanah.

Selain itu, akses bagi warga Palestina yang berusia di bawah 50 tahun juga dilarang. Sebaliknya, warga Israel justru diizinkan bebas masuk.

Baca juga : Rayakan HUT RI Ke-78, Astra Bikin Acara 17-an

“Dalam perayaan Rosh Hashanah, ratusan warga Israel ultranasionalis rame-rame ke halaman Al Aqsa melalui Gerbang Maroko di bawah perlin￾dungan pasukan Israel,” demikian bunyi laporan media lokal AlMayadeen, dikutip Aljazeera.

 MSebelumnya, kelompok pemukim ilegal Israel telah menuntut dibukanya akses tanpa batas ke kompleks Al-Aqsa, yang mereka sebut sebagai Temple Mount untuk merayakan Rosh Hashanah. Sementara sejumlah jemaah muslim Palestina berkumpul di Al-Aqsa sesudah shalat subuh, menolak intimidasi dan gangguan yang dilakukan pemukim Israel. Namun, situasi tersebut justru berujung pada bentrokan dan kekerasan.

Baca juga : Tuan Guru Sahabat Ganjar Edukasi Warga Sumut Cara Bersuci Dari Hadas

“Pasukan Israel secara fisik menyerang dan memukuli tiga jemaah, termasuk seorang pria tua dan seorang wanita tua, di dekat Bab as-Silsila,” berita kantor berita Palestina, Wafa, Minggu (17/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.