Dark/Light Mode

Perang Harus Diakhiri, Zelensky Minta Dewan Keamanan PBB Cabut Hak Veto Rusia

Kamis, 21 September 2023 09:42 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/9/2023). (Foto: tangkapan layar)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/9/2023). (Foto: tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Dewan Keamanan PBB, untuk segera mencabut hak veto Rusia.

Menurutnya, ini adalah langkah pertama yang diperlukan PBB, untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina, yang telah berlangsung sejak 24 Februari 2022.

Baca juga : Gelar Tebus Sembako Murah, Relawan Sintawati Kuatkan Kepedulian Masyarakat

Dalam pidatonya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB, Rabu (20/9/2023), Zelensky mengatakan tentara Ukraina telah berupaya menyudahinya lewat pertempuran di medan perang, dengan mengorbankan darah mereka.

Padahal, menurut Zelensky, Dewan Keamanan PBB bisa mengusahakannya, lewat voting.

Baca juga : Ganjar Milenial Silaturahmi Dan Konvoi Bersama 1.000 Pengemudi Becak Motor Di Medan

Tapi sepertinya, kecil kemungkinan hal itu bisa terwujud. Mengingat upaya apa pun untuk mereformasi Dewan Keamanan, butuh persetujuan lima anggota tetap Dewan Keamanan yang kuat (P5): Rusia, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan China.

Melansir CNN International, Zelensky juga meminta Presiden ke-45 AS Donald Trump untuk menyampaikan rencana perdamaiannya secara terbuka,  jika dia memiliki cara untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

Baca juga : PalmCo Diyakini Mampu Kalahkan Perusahaan Sawit Terbesar Di Asia

Soal ini, Zelensky sudah memberikan batasan. Dalam sesi wawancara Selasa (19/9/2023), presiden berusia 45 tahun itu mengatakan, pihaknya akan menolak tegas setiap rencana perdamaian, yang mensyaratkan Ukraina menyerahkan wilayahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.