Dark/Light Mode

Bamsoet Dorong Kerja Sama Sister City Gyeongju Korsel-Bangli Bali

Kamis, 21 September 2023 23:30 WIB
Ketua MPRBambang Soesatyo (kedua kiri) bertemu Wakil Wali Kota Gyeongju Kim Sung Hag, di Gyeongju, Korea Selatan, Kamis (21/9). (Foto: Istimewa)
Ketua MPRBambang Soesatyo (kedua kiri) bertemu Wakil Wali Kota Gyeongju Kim Sung Hag, di Gyeongju, Korea Selatan, Kamis (21/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Indonesia-Korea Network (IKN) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bertemu Wakil Wali Kota Gyeongju Kim Sung Hag dan Ketua Policy Planning Division Lee Seung Ha, di Gyeongju, Korea Selatan (Korsel), Kamis (21/9). Pertemuan ini untuk menjajaki kerja sama pembentukan sister city antara Kota Gyeongju dengan Kabupaten Bangli dan Kintamani, Bali. Mengingat kedua daerah tersebut memiliki banyak kesamaan, seperti bidang pariwisata dan pertanian smart farm.

Bamsoet menerangkan, pada 2025, Korsel akan menjadi tuan rumah Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Kota Gyeongju sedang ikut biding agar bisa menjadi salah satu penyelenggaranya, bersama kota-kota besar lainnya di Korsel seperti Busan, Jeju, dan Incheon.

“Ini urusan domestik dalam negeri Korea Selatan, tapi sebagai sahabat saya berharap yang terbaik bagi Kota Gyeongju," ujar Bamsoet, usai bertemu Wakil Wali Kota Gyeongju Kim Sung Hag dan Ketua Policy Planning Division Lee Seung Ha, di Gyeongju Korea Selatan, Kamis (21/9).

Baca juga : Bamsoet Dorong RI-Korsel Jajaki Kerja Sama Pengembangan Energi Nuklir dan Energi Air

Dalam pertemuan itu, Bamsoet didampingi Anggota Komisi X DPR Robert Kardinal, Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai, Sekretaris Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia Junaidi Elvis, Rektor Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) Eming Sudiana, Founder Yayasan Ali Network Indonesia Ali An Sun Guen, serta Counselor Politik KBRI Seoul Sigit Aris Prasetyo serta Ketua Gerak BS Bali Goerge.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Kota Gyeongju merupakan bagian dari Provinsi Gyeongsangbuk-do yang memiliki hubungan sister province dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gyeongju merupakan salah satu kota terpenting yang menjadi 'urat nadi' Korea Selatan, karena memiliki peradaban sejarah bangsa Korea yang lama. Pusat kerajaan Shila yang berdiri pada periode tahun 57 Sebelum Masehi - 935 Masehi, berada di Kota Gyeongju.

"Di Korea Selatan terdapat 13 warisan budaya yang di akui UNESCO, dan 4 diantaranya ada di Kota Gyeongju. Tidak heran jika jumlah turis yang mengunjungi Kota Gyeongju mencapai 1,3 juta wisatawan pertahunnya," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Bertemu Wagub Gyeongsangbuk-do Korsel, Puji Gerakan Desa Membangun

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia ini menerangkan, saat ini beberapa kota di Indonesia telah menjalin hubungan sister city dengan kota lain di Korea Selatan. Di antaranya, sister city antara Ibukota Indonesia, Jakarta dengan Ibu Kota Korea Selatan, Seoul yang sudah terjalin sejak 1984. Hubungan sister city antara Jakarta dan Seoul berfokus pada pertukaran budaya, penataan kota pengelolaan limbah, serta pengembangan sistem transportasi terpadu.

Kota Bandung pun menjalin sister city dengan Seoul dan Suwon. Kerja sama sister city Bandung dan Seoul berfokus pada pertukaran budaya, pariwisata, dan penataan kota. Sementara, kerjasama Bandung dan Suwon meliputi bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesenian dan olahraga.

"Kota Seoul juga menjalin sister city dengan Kota Bau Bau di Sulawesi Tenggara. Kerja sama Bau-Bau dan Seoul terbentuk pada 2009 dengan fokus di bidang pendidikan, sosial dan budaya. Selain itu, Kota Malang dan Nongasan telah menjalin sister city sejak 2017. Hubungan keduanya berfokus pada bidang pendidikan, pariwisata, penelitian hingga industri," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.