Dark/Light Mode

Dubes Turki Talip Kucukcan Tawarkan Program Pertukaran Ulama

Rabu, 27 September 2023 07:58 WIB
Dubes Talip Kucukcan (ketiga kiri) menerima kenang-kenangan dari Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, di Kantor Pusat MUI, Jakarta, Senin (25/9). (Foto Dok MUI)
Dubes Talip Kucukcan (ketiga kiri) menerima kenang-kenangan dari Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, di Kantor Pusat MUI, Jakarta, Senin (25/9). (Foto Dok MUI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia, Talip Kucukcan menawarkan program pertukaran ulama, antara Majelis Ulama In￾donesia (MUI) dengan Turki. Kedutaan Besar Turki di Jakarta siap menjembatani kerja sama ini.

“Jika MUI ingin menyelenggarakan konferensi internasional atau pertukaran ulama di bidang fatwa dan sejenisnya, Turki selalu siap,” jamin Dubes Kucukcan saat dijamu Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan di Kantor MUI, Jakarta, Senin (25/9).

Baca juga : Beras Mahal, Karang Taruna Bantu Salurkan 10 Kg Beras Ke Warga Jatimakmur

Dalam pertemuannya dengan Amirsyah dan sejumlah pengurus MUI, Dubes Kucukcan menyebut, MUI adalah lembaga yang penting bagi Turki. MUI, ujarnya, berperan mengokohkan kerja sama antara Indonesia dan Turki, yang sudah terjalin lama. Bahkan sebelum Indonesia dan Turki menjadi negara, hubungan antara kesultanan di Indonesia dengan kerajaan Turki Usmani sudah terjalin baik.

Hubungan Turki dengan Indonesia tidak terbatas pada aspek agama, namun juga kemasyarakatan. Dalam beberapa bencana yang terjadi di Indonesia, menurut Amirsyah, Turki juga selalu membantu.

Baca juga : Kajol Indonesia Rangkul Ojek Online Jakut Dan Dirikan Posko Pemenangan Ganjar

 Dia berharap, kerja sama Turki dengan MUI juga bisa mencakup dunia pendidikan seperti program Pendidikan Kader Ulama MUI. Untuk bidang keagamaan, Amirsyah melanjutkan, dialog kebudayaan dan keagamaan perlu diperbanyak, demi menghindari Islamofobia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.