Dark/Light Mode

Dubes Jepang Kenji Kanasugi Serahkan Bintang Tanda Jasa Ke Kuntoro Mangkusubroto

Sabtu, 30 September 2023 07:20 WIB
Dubes Kenji Kanasugi menyerahkan piagam penghargaan dari Kaisar Jepang kepada Kuntoro Mangkusubroto di kediamannya di Jakarta, Rabu, 27 September 2023. (Foto Khairizal Anwar/Harian Rakyat Merdeka/RM)
Dubes Kenji Kanasugi menyerahkan piagam penghargaan dari Kaisar Jepang kepada Kuntoro Mangkusubroto di kediamannya di Jakarta, Rabu, 27 September 2023. (Foto Khairizal Anwar/Harian Rakyat Merdeka/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Jepang menganugerahi Bintang Tanda Jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star kepada sosok yang berjasa dalam hubungan persahabatan Jakarta-Tokyo.

Penghargaan ini diberikan kepada mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nanggroe Aceh Darussalam-Nias (BRR NAD-Nias), Kuntoro Mangkusubroto. Upacara penyerahan penghargaan ini berlangsung sederhana di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, Jakarta, Rabu (27/9).

Dubes Kanasugi memuji kontribusi Kuntoro, dalam menjalin persahabatan Jepang-Indonesia. “Profesor Kuntoro sangat pantas mendapatkan penghargaan dari Kaisar. Kami sangat menghargai kontribusi besarnya terhadap hubungan Jepang dengan Indonesia,” ujar Dubes yang pernah menjadi diplomat di Korea Selatan dan Amerika Serikat itu.

Dia menambahkan, penghargaan ini diberikan kepada Kuntoro atas kontribusinya dalam pengerahan bantuan dari Pemerintah Indonesia kepada Jepang untuk penanganan pascagempa di Jepang pada 2011. Saat itu, Kuntoro menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Baca juga : Dubes Teuku Faizasyah Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Raja Norwegia

Pemerintah Negeri Matahari Terbit menilai, Kuntoro telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat selama pengiriman bantuan dari Indonesia kepada Jepang. Kepemimpinan tersebut menghasilkan pengiriman bantuan dan pengerahan tim kemanusiaan dari Indonesia ke daerah-daerah terdampak gempa di Jepang. Kanasugi menggarisbawahi, kontribusi Kuntoro itu akan dikenang di Jepang selamanya.

“Saat itu (bencana gempa) Jepang sangat terpukul. Orang-orang mengkhawatirkan masa depan mereka. Korban gempa merasa lebih baik berkat bantuan Kuntoro dan timnya yang membawa pasokan bantuan ke Jepang,” beber Dubes yang hobi menulis ini.

Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star, terang Kanasugi, merupakan salah satu rekomendasi penghargaan tertinggi dari Kaisar Jepang. Sangat sedikit warga negara asing yang bisa memperoleh penghargaan tersebut. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.

Orang-orang yang berhak menerima penghargaan itu adalah mereka yang berkontribusi dalam mempromosikan hubungan bilateral, baik untuk tokoh-tokoh Pemerintah maupun swasta.

Baca juga : BPJamsostek Menara Serahkan Jaminan Sosial Pada Ratusan Atlet Pencak Silat

Ada enam tingkatan dari peng￾hargaan Order of the Rising Sun ini. Dari yang tertinggi, yaitu The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun, Silver Rays.

Selain Kuntoro, tahun ini Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif juga memperoleh penghargaan yang sama. Menurut Dubes Kanasugi, semestinya penghargaan ini diberikan kepada Kuntoro tahun lalu. Namun, karena ada kendala, pemberian penghargaan ditangguhkan hingga Rabu (27/9).

“Jadi, beliau seharusnya menerima ini tahun lalu. Kami ingin melakukannya lebih awal. Tapi atas permintaan Pak Kuntoro, acara ini kami tunda hingga saat ini,” terangnya.

Sebagai penerima penghargaan dari Pemerintah Jepang, Kuntoro merasa terhormat. “Terima kasih untuk penghargaan yang luar biasa ini,” ujarnya, tersenyum.

Baca juga : Jawa Barat, Asal Mula Kerja Sama Jepang Dan Indonesia

Usai pidato pembukaan, Kanasugi menyematkan medali penghargaan ke jas Kuntoro, dilanjutkan dengan penyerahan dokumen pernyataan pemberian penghargaan, yang dicap sendiri oleh sang kaisar.

Usai upacara penyerahan penghargaan, Dubes Kanasugi mengajak Kuntoro berbincang santai, sambil mencicipi makanan khas Jepang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.