Dark/Light Mode

Catatan Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi

Jawa Barat, Asal Mula Kerja Sama Jepang Dan Indonesia

Rabu, 30 Agustus 2023 07:40 WIB
Kenji Kanasugi
Kenji Kanasugi
Duta Besar Jepang Untuk Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Jepang dan Indonesia memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara. Dalam tulisan edisi kali ini, saya ingin melihat kembali kilas balik kerja sama yang sedang berlangsung antara kedua negara dan menunjukkan bahwa pada kenyataannya, Jawa Barat (Jabar) adalah titik awal dari kerja sama tersebut.

Wilayah Provinsi Jawa Barat banyak ditinggali warga Jepang. Jawa Barat juga menjadi tempat bagi perusahaan-perusahaan Jepang mengembangkan bisnis mereka. Terutama di kawasan industrinya, serta lokasi Pelabuhan Patimban dan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka, proyek yang dipromosikan kedua negara untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Baca juga : Sowan Ke Medan, Bidik Kerja Sama Pendidikan Pariwisata

Selain Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dan Bali yang menjadi tujuan wisata populer, Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat juga tidak terpisahkan bagi orang Jepang. Sebagai kota penyelenggara Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955, nama “Bandung” akan selalu muncul pada buku pelajaran sejarah modern yang digunakan sekolah-sekolah di Jepang.

Jika saya ingat kembali, hal pertama yang terpikirkan terkait hubungan antara Jepang dan Indonesia adalah pelajaran mengenai “Konferensi Asia Afrika”, yang juga dikenal dengan “Konferensi Bandung”.

Baca juga : Ikut Jokowi Ke Afrika, Pertamina Kerja Sama Dengan Perusahaan Energi Kenya

Walaupun pada tahun 1955 hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia belum terbentuk, namun undangan untuk menghadiri KAA dari Indonesia sebagai negara tuan rumah kepada Jepang menjadi kesempatan bagi Jepang untuk kembali ke komunitas internasional. Satu tahun setelah KAA, Jepang menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), dan menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia pada 1958.

Apabila melihat kembali kilas balik hubungan antara Jepang dan Indonesia yang merayakan 65 tahun peringatan hubungan diplomatik, dapat dikatakan bahwa KAA merupakan salah satu titik awalnya.

Baca juga : PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan Dari Papua Untuk Indonesia Di Lapangan Banteng

Saya berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika saat melakukan perjalanan dinas ke Provinsi Jawa Barat, termasuk Bandung, pada tahun lalu. Penyelenggaraan KAA mulai dari proses, penyelenggaraan, hingga hasil pencapaian konferensi dipamerkan secara rinci di dalam museum, dan saya dapat merasakan antusiasme Indonesia yang bertekad menyukseskan konferensi ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.