Dark/Light Mode

Menaker Ida Fauziah Hadiri Panggung Gembira Di Abu Dhabi

Senin, 2 Oktober 2023 16:43 WIB
Ribuan orang memadati Panggung Gembira di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Abu Dhabi)
Ribuan orang memadati Panggung Gembira di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Abu Dhabi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) kembali menyelenggarakan Panggung Gembira, Sabtu (30/9). Acara tahunan ini setidaknya didatangi 2.135 diaspora Indonesia dan dimeriahkan penampilan penyanyi Ibu Kota seperti Erie Suzan, Beniqno, Julia Vio, dan Qemil G4ul.

Tidak hanya itu, penampilan budaya khas Indonesia juga turut ditampilkan di Panggung Gembira 2023. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 RI ini juga menghadirkan Bazaar Kuliner Nusantara.

Dalam kegiatan Panggung Gembira juga diselenggarakan kegiatan sosialiasi mengenai jaminan sosial BPJS untuk Pekerja Migran Indonesia(PMI), Sosialisasi mengenai Pemilu oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Abu Dhabi, serta sosialisasi mengenai fungsi pengawasan pemilu oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Abu Dhabi.

Baca juga : Duh, Beregu Putra-Putri Bulutangkis Langsung Tumbang Di Asian Games

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis berkesempatan hadir dan menyapa seluruh diaspora Indonesia yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziah menyampaikan mengenai pentingnya pelindungan sosial untuk PMI melalui jaminan sosial sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 tahun 2023 tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia.

"Diharapkan seluruh PMI yang bekerja di UEA dapat terdaftar dalam program Jaminan Sosial dengan tujuan untuk melindungi PMI dari hal-hal yang dapat mengakibatkan hilang atau kurang pendapatan karena sakit, kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut ataupun pensiun," terang Ida.

Menurut Ida, dalam keterangan tertulis, Senin (2/10), pada September ini, baru tercatat sebanyak 1.368 orang PMI yang ada di UEA yang terdaftar berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga : Menaker Ida: Lowongan Cabin Crew Maskapai Arab Saudi Meningkat

Di kesempatan yang sama, Dubes Husin berharap seluruh WNI yang hadir dalam kegiatan Panggung Gembira dapat menjaga nama baik Indonesia dengan memberikan kontribusi positif yang membanggakan untuk Indonesia.

"Saya juga mengimbau seluruh Masyarakat Indonesia agar menyambut dengan semangat dan berpartisipasi secara aktif untuk Pemilu dan Pilpres yang sebentar lagi akan terselenggara dengan memegang teguh prinsip persaudaraan dan persatuan," ujarnya.

Selain untuk menghibur diaspora Indonesia di UEA, kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan silahturami diaspora Indonesia serta sebagai ajang untuk promosi budaya serta kuliner nusantara Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.