Dark/Light Mode

Profil Pangeran Brunei Abdul Mateen, Tajir Sudah Pasti, Blasteran Jepang-Inggris

Senin, 9 Oktober 2023 06:30 WIB
Profil Pangeran Brunei Abdul Mateen, Tajir Sudah Pasti, Blasteran Jepang-Inggris

RM.id  Rakyat Merdeka - Pangeran Brunei Darussalam, Abdul Mateen Bolkiah akan melepas masa lajangnya, pada Januari 2024. Hari pernikahannya nanti, sepertinya akan menjadi hari patah hati internasional.

Maklum, parasnya yang rupawan ditambah latar belakang yang serba plus plus, cukup membuat kaum Hawa jatuh hati bila memandang pria berusia 32 tahun itu.

Pangeran Abdul Mateen yang lahir di Raja Istri Pengiran Anak Saleha Hospital, Bandar Sri Begawan Brunei, pada 10 Agustus 1991 adalah anak kesepuluh dan putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah dari mantan istri keduanya, Puan Mariam binti Abdul Aziz, yang blasteran Brunei, Jepang, dan Inggris.

Riwayat Pendidikan

Pangeran Abdul Mateen adalah perwira kadet Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris. Saat lulus pada tahun 2011, dia mendapat pangkat Letnan Dua.

Juli 2014, Pangeran Abdul Mateen memperoleh gelar sarjana Bachelor of Arts (BA) di King's College London, Jurusan Politik Internasional di Barbican Centre, London.

Baca juga : Pangeran Brunei Mau Nikah Januari 2024, Pestanya 10 Hari Berturut-Turut

Dual tahun berselang, Juli 2016, Pangeran Abdul Mateen mendapatkan gelar Master of Arts (MA) di School of Oriental and African Studies, Universitas London Jurusan Kajian Internasional dan Diplomasi.

Maret 2018, Pangeran Abdul Mateen memenuhi syarat dan lulus sebagai pilot helikopter di Sekolah Terbang Helikopter Pertahanan di RAF Shawbury.

Dia dianugerahkan brevet penerbang langsung oleh ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah.

20 Mei 2021, Pangeran 'Abdul Mateen naik pangkat menjadi Mayor.

21 September 2021, Pangeran 'Abdul Mateen menjalani Kursus All Arms Commando (AACC) di Pusat Pelatihan Komando Marinir Kerajaan (CTCRM), Lympstone, Devon, Britania Raya.

Jagoan Polo

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Selendang Mayang

Tak cuma ganteng bak model, Pangeran Abdul Mateen juga dikenal sporty. Dia bahkan telah mewakili negaranya di ASEAN Games 2017 dan 2019 Cabang Olahraga Polo.

Agustus lalu, Pangeran Abdul Mateen juga ambil bagian dalam Turnamen Polo Internasional ke-52 di Andalusia, Spanyol.

Di akun Instagramnya, juga terpampang sejumlah foto aktivitas olahraganya. Seperti berenang, berkuda, dan jet ski.

Tajir Melintir

Harta kekayaan Pangeran Abdul Mateen diperkirakan mencapai 20 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah yang telah 56 tahun bertahta, disebut memiliki pundi-pundi uang senilai 30 miliar dolar AS.

Baca juga : Dugaan Korupsi Impor Gula, Kemendag Pastikan Siap Bantu Kejagung

Sultan Hassanal Bolkiah dikenal sebagai pecinta otomotif. Koleksi mobilnya yang dilaporkan berjumlah 7.000-an, antara lain mencakup Ferrari Mythos, Lamborghini Diablo SE30, Rolls Royce Panthom IV, dan Porsche Carrera GT.

Selain itu, masih banyak lagi koleksi motor, pesawat terbang, dan kapal yang pastinya high end.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.